Jakarta (ANTARA News) - Warga Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia semakin gencar mencari dan menjual properti lewat internet, bukan lagi lewat jalur konvensional seperti media cetak.

"Situs kami, Rumah123.com pada Mei 2013 ini saja sudah dikunjungi sebanyak satu juta pengguna internet, dan akhir tahun ini kami targetkan dikunjungi hingga dua juta pengguna," kata CEO iProperty (induk usaha Rumah123.com), Shaun Di Gregorio, di Jakarta, Selasa.

Shaun mengaku gencar melakukan mencari properti melalui internet antara lain karena Indonesia adalah pasar yang menarik di Asia Tenggara.

Ia mengemukakan, keagresifan itu juga karena dalam beberapa tahun lagi warga Indonesia yang akan aktif internet akan mencapai 100 juta.

Jumlah tersebut lebih besar dari gabungan warga Prancis dan Spanyol yang adalah dua negara besar di Eropa. "Indonesia memiliki pasar yang luas dengan pertumbuhan yang cepat, tidak mungkin kami abaikan," katanya.

Shaun memaparkan, saat ini ada sekitar 160 ribu unit properti di Rumah123.com, sedangkan dari sekitar 1 juta pengguna yang mengunjungi situs ini, lebih dari 400 ribu pengunjung menyatakan tertarik dan ingin mencari tahu lebih lanjut.

Head of Business Developmet Ray White Indonesia (perusahaan broker properti nasional), Erwin Karya membenarkan, berbagai usaha properti telah berubah dari cara-cara konvensional seperti melalui media cetak dan surat kabar.

Dahulu, menurut Erwin, perusahaan broker agak enggan beriklan di internet karena cemas akan diserobot pembeli.

"Tapi pemikiran itu kini sudah ketinggalan zaman. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir bisnis kami berubah dengan bekerjasama dengan situs Rumah123.com dan hal itu membantu penjualan kami," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013