Selain itu juga ada sosialisasi pemilu (pemilihan umum) 2024 yang kami kemas melalui pertunjukan rakyat yang dibawakan oleh Kartolo
Surabaya (ANTARA) - Kota Surabaya Jawa Timur menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Kelompok Informasi Masyarakat (KIMFest) tahun 2023 yang dilaksanakan di Balai Pemuda pada 27-28 Oktober 2023.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI Hasyim Gautama dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Surabaya Jumat mengatakan, tujuan digelarnya KIMFest 2023 adalah untuk meningkatkan kinerja Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai salah satu perantara komunikasi antara pemerintah kepada masyarakat.

"Selain itu, pelaksanaan ini juga untuk pemberdayaan KIM sebagai kanal dan mitra strategis komunikasi publik dalam menyebarluaskan informasi terkait kebijakan dan program prioritas pemerintah nasional," katanya.

Menurut Hasyim, KIMFest ini adalah salah satu ajang apresiasi sekaligus membuka jaringan KIM-KIM yang hadir dari setiap provinsi untuk menjalin kemitraan yang lebih luas.

KIMFest 2023 tidak hanya untuk meningkatkan jaringan KIM di seluruh daerah di Indonesia, akan tetapi juga ada sosialisasi pelayanan publik, stan (anjungan) pameran KIM yang melibatkan perwakilan KIM dari 34 provinsi, stan pelayanan publik dari kementerian, lembaga, BUMN, bazar UMKM, hingga awarding (penganugerahan penghargaan) KIM.

Selain itu, lanjut dia, ada juga kegiatan cerdas cermat dari setiap peserta KIM yang dibagi menjadi empat grup. Kegiatan tersebut digelar di ruang indoor sisi barat Balai Pemuda Surabaya.

Sedangkan untuk di Gedung Merah Putih Balai Pemuda itu juga dilakukan penjurian dari kompetisi KIM mulai dari presentasi dan wawancara terkait dengan programnya KIM hingga capaian apa saja yang telah dilakukan oleh KIM.

Tidak hanya itu, dia menambahkan, dalam festival tersebut juga akan ada berbagai hiburan mulai dari hiburan band, games interaktif, atraksi sulap, kesenian budaya Kota Surabaya dan sebagainya.

"Selain itu juga ada sosialisasi pemilu (pemilihan umum) 2024 yang kami kemas melalui pertunjukan rakyat yang dibawakan oleh Kartolo," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023