Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk berkolaborasi dengan Polres Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menanam 5.000 pohon mangrove di Pantai Tanjung Pak Dan Muntok, sebagai komitmen menjaga kelestarian lingkungan pesisir.

"Penanaman 5.000 batang pohon mangrove jenis rhizopora sebagai bentuk komitmen bersama menjaga lingkungan pantai ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan penanaman 5.000 mangrove ini tidak hanya melibatkan Polres Bangka Barat tetapi juga berkolaborasi dengan Komunitas Anak Mentok Punya Gawe (AMPG), akademisi dan kelompok nelayan di Kecamatan Muntok.

"Kegiatan kali ini juga dilakukan rehabilitasi mangrove, sebagai upaya untuk mencegah abrasi dan menjaga ekosistem pesisir," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat Syafriadi Chandra mengatakan PT Timah sangat konsisten dan berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Dengan adanya kegiatan ini memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat," katanya.

Selain itu, kegiatan seperti ini menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Untuk itu, pemkab mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah melibatkan masyarakat dalam menanam mangrove.

“Dengan adanya pohon mangrove ini sangat penting sekali terhadap ekosistem di dalamnya, melindungi dari abrasi di pantai, selain itu pohon mangrove ini penyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen, artinya ini sangat bermanfaat sekali untuk dekarbonisasi dan kami sangat mengapresiasi PT Timah yang terus berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Ketua Yayasan AMPG Yudarta mengatakan pihaknya bersyukur dan mengapresiasi PT Timah Tbk yang kerap mendukung kegiatan yang dilaksanakan komunitas mereka.

“Kami juga bekerja sama dengan Gapoktan Tanjung Jaya, dimana gagasan ini sudah lama kami rencanakan, sebab di kawasan ini abarasinya lumayan cukup parah. Dan ide – ide kami ini, kami sampaikan ke PT Timah dan Alhamdullilah direspon dengan cepat," katanya.

Baca juga: PT Timah berikan kontribusi pajak dan PNBP Rp315 miliar di semester I
Baca juga: PT Timah raih laba senilai Rp16,2 miliar pada kuartal II-2023
Baca juga: PT Timah-Leeds University teliti ikan endemik kepulauan Babel

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023