Untuk UMKM cukup banyak, yang kami bina kurang lebih ada 3.000 pelaku usaha.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) menggandeng ribuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut dalam upaya untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha skala kecil tersebut.

Bisnis Advisor Rumah BUMN Kabupaten Malang Diyan Purnomo, di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa ada kurang lebih 3.000 pelaku UMKM di wilayah tersebut yang saat ini mendapatkan pembinaan dari Rumah BUMN Kabupaten Malang.

"Untuk UMKM cukup banyak, yang kami bina kurang lebih ada 3.000 pelaku usaha," kata Diyan.

Diyan menjelaskan, ribuan pelaku UMKM yang diberikan pembinaan tersebut seluruhnya berasal dari wilayah Kabupaten Malang, yang mencakup berbagai jenis sektor usaha seperti kuliner, fesyen, dan kerajinan.

Menurutnya, para pelaku usaha tersebut diberikan fasilitasi berupa pendampingan untuk peningkatan kualitas produk, pemahaman untuk mengenal platform untuk pemasaran produk dan fasilitasi kepada para pembeli atau buyer.

"Kami menyiapkan sejumlah fasilitas seperti pendampingan, kemudian platform untuk pemasaran dan fasilitasi buyer," katanya pula.

Ia menambahkan, pada Rumah BUMN Kabupaten Malang juga terdapat sejumlah produk yang dihasilkan UMKM binaan dipamerkan. Produk-produk tersebut, juga diperkenalkan kepada para calon pembeli potensial yang singgah ke Rumah BUMN Kabupaten Malang.

"Buyer juga banyak yang datang ke sini. Ada berbagai jenis produk yang dipamerkan, seperti batik, bordir, tas anyaman, sepatu, kerajinan tangan dan lainnya. Potensinya sangat menjanjikan," katanya lagi.

Selain memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM, ujarnya pula, Rumah BUMN Kabupaten Malang juga menggandeng generasi milenial yang memiliki potensi besar di wilayah tersebut untuk menggerakkan roda ekonomi UMKM.

Rumah BUMN Kabupaten Malang juga menyiapkan sejumlah fasilitas kepada generasi muda tersebut, seperti lingkungan kerja yang digunakan oleh orang-orang yang bekerja sendiri atau untuk perusahaan yang berbeda-beda atau yang biasa dikenal dengan sebutan coworking space.

"Adanya Rumah BUMN ini bisa diakses oleh mereka, coworking space juga disiapkan di Rumah BUMN ini. Ingin difasilitasi atau mentor apa, bisa terkoneksi ke kita dan akan kita fasilitasi," katanya pula.
Baca juga: Kementerian BUMN dorong UMKM Kota malang manfaatkan teknologi digital
Baca juga: Rumah BUMN Malang beri pembekalan optimalisasi bisnis pelaku UMKM


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023