Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada hari Jumat (26/10), mulai dari Presiden Jokowi mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung hingga PDI Perjuangan membenarkan Gibran Rakabuming Raka pamit ke Puan Maharani.

Berikut rangkuman berita politik kemarin yang menarik untuk Anda simak.

1. Presiden awali kunker di Lampung lewati Jalan Ryacudu dan Tol

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama rombongan mengawali kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Lampung melewati Jalan Ryacudu dan Tol Lampung.

Presiden Jokowi direncanakan melakukan kunker menuju ke sejumlah lokasi di Kabupaten Lampung Tengah dan Kota Metro, Provinsi Lampung, Jumat pagi.

Silakan klik di sini.

2. Jubir: Sandiaga tak mundur usai jadi Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar

Juru Bicara (Jubir) Sandiaga Uno Bidang Politik Denny H. Suryo Prabowo mengatakan bahwa Sandiaga Uno tak mundur dari posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah menjadi Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) TPN Ganjar-Mahfud.

"Terkait dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, beliau tidak mundur dan tetap akan menjalankan tugas fungsinya," kata Denny kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Silakan klik di sini.

3. Kominfo ingatkan disinformasi politik mundurkan kualitas demokrasi

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengingatkan bahwa disinformasi politik di media sosial menyebabkan kualitas demokrasi suatu negara menjadi mundur.

"Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa disinformasi politik di media sosial menyebabkan kualitas demokrasi di suatu negara mundur atau stagnan," kata Usman pada acara Ngobrol Bareng Pesan dari Solo untuk Pemilu Damai 2024 di Monumen Pers Nasional, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat malam.

Silakan klik di sini.

4. Sekjen PDIP benarkan Gibran sudah pamit ke Puan Maharani

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sudah berpamitan kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Jadi, sudah pamit. Kalau sudah pamit itu kan sudah gamblang, sudah sangat jelas sekali," kata Hasto di Jakarta, Jumat.

Silakan klik di sini.

5. Kaesang lakukan safari politik PSI di NTT

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melakukan safari politik di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 27-28 Oktober 2024.

Kaesang didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni dan Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie tiba di Bandara Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat pagi.

Silakan klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023