Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengajak warga Surabaya meramaikan Trophy Experience akhir pekan ini, sebagai bagian dari pesta menyambut Piala Dunia U-17 yang berlangsung 10 November 2023.

"Trophy Experience ini menjadi bagian dari momen bersejarah kita sebagai sebuah bangsa. Saya mengajak warga Surabaya dan Jatim ikut berpawai dan juga bersama-sama menyukseskan Piala Dunia U-17. Kesuksesan Piala Dunia akan menjadi sejarah yang akan dikenang anak cucu kita kelak," kata Erick Thohir dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, Piala yang siap diperebutkan 24 negara peserta itu akan diarak dan dipamerkan di Balai Pemuda, Surabaya, Minggu (29/10) pagi.

Trofi tur tersebut akan diramaikan juga pawai bersama Bacuya atau Badak Cula Cahaya yang merupakan maskot resmi Piala Dunia U-17 2023, peluncuran video klip Tim Nasional (timnas) dan Flash Mob Dance.

Selain itu, akan hadir bintang-bintang dari klub Persebaya Surabaya dalam kegiatan tersebut.

Erick menjelaskan, melalui rangkaian trofi tur Piala Dunia U-17 2023 yang sebelumnya sudah singgah di Jakarta dan Bandung, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama memenuhi stadion-stadion dan menyaksikan turnamen kelas dunia itu.

Kesuksesan acara tersebut, lanjutnya kelak akan menjadi cerita yang membanggakan bagi anak cucu generasi penerus di masa yang akan datang.

"Di Surabaya Timnas U-17 akan bertanding mengarungi penyisihan. Kita tahu bersama kota ini memiliki massa pencinta sepak bola fantastis. Dukungan mereka akan sangat berarti buat timnas kita. Kita tunjukkan kepada dunia, bahwa Surabaya bisa menjadi tuan rumah yang baik," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan bahwa acara Trophy Experience dimulai dengan arak-arakan trofi dari Siola menuju Balai Pemuda.

Sampai di Balai Pemuda, kata dia, sejumlah kegiatan akan menyemarakkan acara tersebut, salah satunya flash mob dance yang didesain secara meriah.

“Nanti ada arakan-arakan trofi dari Siola sampai Balai Pemuda. Di situ ada bazar, ada penampilan kesenian dan musik, ada photobooth. Ada salah satu spot di balai pemuda ada juggling lewat coaching clinic,” kata Wiwiek.

Perlu diketahui, Momen Trophy Experience akan dihadiri langsung oleh Ketum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo dan pastinya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Rencananya, dalam kegiatan yang sama akan diluncurkan video klip lagu "Bersama Garuda (We Are Together)" yang dinyanyikan Wika Salim.

Lagu tersebut, bakal menjadi theme song Timnas Indonesia U-17, untuk membakar semangat pendukung Tim Merah Putih dalam ajang World Cup U-17.

Timnas Indonesia U-17 akan bermain di Kota Pahlawan dalam penyisihan Grup A bersama Maroko, Ekuador, dan Panama.

Selain itu, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya juga akan menjadi venue dua pertandingan babak 16 besar pada 21 November 2023.

Baca juga: Bey: Arena utama dan latihan Piala Dunia U-17 di Jabar sudah siap
Baca juga: Erick Thohir dinilai kompeten jadi sosok cawapres
Baca juga: Erick : Persiapan Piala Dunia U-17 di Stadion SJH rampung 100 persen

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023