"Hari ini kita gelar deklarasi bersama para pemuka agama dan tokoh masyarakat. Ada 35 elemen masyarakat yang kita ajak melakukan deklarasi dukungan pemilu damai sebagai bukti keseriusan kita menjaga keamanan dan kondusifitas Pemilu 2024 mendatang,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama DPRD Provinsi Babel, tokoh masyarakat dan organisasi yang ada di daerah itu melakukan deklarasi sebagai bentuk dukungan terhadap upaya menciptakan suasana pemilu damai.

"Hari ini kita gelar deklarasi bersama para pemuka agama dan tokoh masyarakat. Ada 35 elemen masyarakat yang kita ajak melakukan deklarasi dukungan pemilu damai sebagai bukti keseriusan kita menjaga keamanan dan kondusifitas Pemilu 2024 mendatang," kata Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Sabtu.

Kapolda mengatakan ada 35 elemen masyarakat, antara lain terdiri dari unsur Forkompinda Provinsi Babel, pemuka agama, pengurus organisasi kemasyarakatan, dan para tokoh masyarakat yang dilibatkan dalam deklarasi sekaligus penandatanganan komitmen bersama dukungan pemilu damai.

"Kita harus terus bersama-sama masyarakat membantu kita mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024. Deklarasi dan penandatanganan ini kita saksikan langsung dan ini akan terus berlanjut karena sekarang pasangan calon presiden dan wakil presiden calon peserta pemilu sudah mendaftar, jadi kita harus konsentrasi menjaga kondusifitas agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan di Babel," ujarnya.

Selain deklarasi dukungan pemilu damai, Polda Babel juga berkomitmen untuk sepakat dan bersikap netral agar tidak ada masyarakat yang ambigu terhadap netralitas anggota Polri.

"Kita sudah memberi anggota kita pengarahan dalam apel dan telegram agar tidak ada hal-hal yang disuarakan meskipun itu dilakukan dengan bahasa tubuh karena Polri harus netral," katanya.

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Herman Suhadi menambahkan Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi sehingga masyarakat harus ikut merasakan kegembiraan dan kebersamaan dalam situasi damai.

Dan untuk netralitas ASN, Herman yakin dan percaya mereka dapat menjaga netralitas karena berkaca dari pelaksanaan pemilu sebelumnya para ASN sudah melakukan tugas dengan sangat baik.

"Dengan melaksanakan deklarasi pemilu damai dengan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat ini mari kita sambut pemilu dengan kehangatan dan kedamaian sehingga pemilu ini benar-benar menjadi pesta demokrasi untuk masyarakat Babel," kata Herman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023