"Kami siap menjadi mitra strategis pemda untuk bersama-sama membangun hukum yang baik dan berkeadilan,"
Semarang (ANTARA) - Advokat yang tergabung dalam Ikatan Pengabdian Hukum Indonesia wilayah Jawa Tengah siap menjadi mitra pemerintah daerah dalam mengritisi dan memberi masukan terhadap berbagai jenis produk hukum yang dihasilkan.

Ketua Ikatan Pengabdian Hukum Indonesia wilayah Jawa Tengah Aria Septiono usai dilantik di Semarang, Sabtu, mengatakan, organisasi sayap Ikatan Advokat Indonesia ini akan melakukan sosialisasi serta kajian terhadap peraturan perundang-undangan yang dirasa todak adil bagi masyarakat.

"Kami siap menjadi mitra strategis pemda untuk bersama-sama membangun hukum yang baik dan berkeadilan," katanya.

Menurut dia, fungsi untuk mengontrol berbagai produk peraturan perundang-undangan ini merupakan peran selain pemberian bantuan hukum secara litigasi maupun non-litigasi bagi masyarakat.

Sementara Ketua Ikadin Jawa Tengah Aan Tawli menambahkan saat ini Indonesia sedang mengalami darurat penegakan hukum.

Oleh karena itu, ia meminta Ikatan Pengabdian Hukum Indonesia wilayah Jawa Tengah menjadi penyeimbang untuk memastikan peraturan yang dihasilkan untuk kepentingan masyarakat

"Tidak hanya bantuan hukum litigasi dan non-litigasi, namun juga peduli terhadap pembentukan sistem dan struktural hukum," katanya

Menurut dia, organisasi ini bisa memberikan masukan jika ditemukan perda yang dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bahkan, lanjut dia, bisa dilakukan upaya hukum jika perda yang dinilai bermasalah itu tidak direvisi atau dicabut.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023