Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin kerja sama dalam Sinergitas Sistem Informasi Pasar Kerja serta Pengembangan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.

Kedua perjanjian kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker selaku Plt Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker Anwar Sanusi dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Vokasi dan Sertifikasi Adi Mahfudz Wuhadji di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Ribuan pencari kerja padati Job Fair Nasional Kemnaker

Anwar Sanusi mengatakan MoU tentang dua hal ini sangat penting mengingat Kemnaker dan Kadin memiliki ranah tugas yang hampir sama, yakni menciptakan ekosistem ketenagakerjaan dengan sebaik-baiknya

Ia menambahkan, Kemnaker memiliki tugas, terutama mengeluarkan kebijakan terkait dengan ketenagakerjaan. Sedangkan Kadin menjadi pilar penting dalam menjaga ekosistem ketenagakerjaan.

Baca juga: Pameran vokasi tarik minat masyarakat untuk tingkatkan keterampilan

Anwar mengatakan MoU antara Kemnaker dan Kadin bukan hal yang baru. Sebelumnya, keduanya sering menjalin kerja sama mulai dari pengawalan terhadap kebijakan, implementasi kebijakan hingga mengawal agar implementasinya dapat terwujud sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Ia mengakui terdapat beberapa kerja sama sebelumnya tidak dapat diimplementasikan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut Anwar menekankan agar MoU yang ditandatangani hari ini dapat dilaksanakan.

Baca juga: Kemnaker gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair 27-29 Oktober

"Mudah-mudahan MoU ini memang sebuah langkah yang betul-betul bisa kita laksanakan, bukan hanya semata-mata di atas kertas," ucapnya.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023