"Kami sudah menerima logistik Pemilu 2024 berupa tinta yang akan digunakan pada saat pemungutan suara nanti,"
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur menerima sebanyak 15.412 botol tinta untuk logistik Pemilu 2024 yang disimpan di gudang Kantor KPU setempat.

"Kami sudah menerima logistik Pemilu 2024 berupa tinta yang akan digunakan pada saat pemungutan suara nanti," kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in saat dikonfirmasi per telepon di Jember, Sabtu.

Belasan ribu botol tinta itu dikemas dalam boks kardus yang masing-masing boks berisi 50 botol tinta, sehingga petugas mengecek jumlah botol tinta dengan seksama untuk disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jember.

"Masing-masing TPS akan mendapat dua botol tinta. Jumlah TPS di Jember sebanyak 7.706 TPS yang tersebar pada 248 desa/kelurahan di 31 kecamatan," tuturnya.

Petugas masih melakukan pengecekan dari ratusan boks yang berisi tinta, apakah ada botol tinta yang rusak dan jumlahnya tidak sesuai karena pihak KPU akan meminta tambahan ke KPU Jawa Timur apabila ditemukan botol tinta yang rusak dan tidak bisa digunakan.

Menurutnya logistik Pemilu 2024 pada tahap satu yang lainnya masih dalam tahap proses seperti segel kotak suara dan sampul, sehingga pihaknya menunggu kedatangan logistik lainnya.

"Logistik Pemilu 2024 yang sudah datang masih disimpan di Kantor KPU Jember karena gudang logistik masih dalam tahap persiapan, namun rencananya seluruh logistik disimpan di gudang KPU Jember yang berada di Kecamatan Rambipuji nantinya," katanya.

Ia mengatakan beberapa logistik yang akan dikirim pada tahap dua berupa kotak dan bilik suara, sehingga pihaknya mempersiapkan gudang KPU lebih cepat agar saat logistik Pemilu 2024 sudah tiba di Jember maka gudang sudah siap digunakan.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Jember sebanyak 1.972.216 orang yang terdiri atas 997.449 pemilih perempuan dan 974.767 pemilih laki-laki yang tersebar pada 248 desa dan kelurahan di Kabupaten Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023