Kami mengakui bahwa inovasi tidak hanya berasal dari pelaku bisnis. Inovasi banyak muncul dari dunia pendidikan seperti kampus, SMK, dan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Praktisi bisnis yang juga Ketua Penyelenggara Southeast Summit Jakarta ’23 Marwajih mengatakan dunia pendidikan telah terbukti menjadi pelopor inovasi bisnis di Tanah Air.

“Kami mengakui bahwa inovasi tidak hanya berasal dari pelaku bisnis. Inovasi banyak muncul dari dunia pendidikan seperti kampus, SMK, dan lainnya,” ujar Marwajih di Jakarta, Ahad.

Baca juga: Anggota DPR minta penegak hukum menindak tegas praktik gas oplosan

Oleh karena itu, dunia pendidikan dan bisnis harus bisa berkolaborasi untuk mendorong lahirnya bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan Southeast Summit Jakarta '23, yang merupakan acara bisnis bergengsi yang akan diselenggarakan pada 10 Desember 2023 di M Bloc Space Creative Hall Jakarta.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dorongan kuat terhadap munculnya generasi pengusaha baru yang berkomitmen dan fokus pada dampak positif serta pengembangan bisnis berkelanjutan.

“Fokus kami tidak hanya pada Return on Investment (ROI), tetapi juga pada Social Return on Investment (SROI),” tambah dia.

Baca juga: Rumah BUMN Malang beri pembekalan optimalisasi bisnis pelaku UMKM

Dia menjelaskan, kegiatan itu dirancang untuk menjadi platform yang mana bisnis dari berbagai tahapan, mulai dari perusahaan rintisan yang masih dalam tahap ide hingga bisnis yang telah beroperasi hingga lima tahun, dapat bertemu, berkolaborasi, dan saling berbagi ide.

Kompetisi business pitching, akan menjadi salah satu sorotan utama, dengan 300 bisnis dari berbagai sektor industri dari seluruh Indonesia berkesempatan untuk mempresentasikan ide dan solusi inovatif mereka di depan para investor yang berorientasi dampak sosial. Sebanyak 30 bisnis terbaik akan terpilih untuk berpartisipasi dalam sesi pitching itu, memberikan mereka kesempatan emas untuk mendapatkan investasi hingga 5 juta dolar AS.

Para pengunjung juga akan mendapatkan akses ke seminar terkait wawasan industri terkini, praktik terbaik, dan strategi yang terbukti untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis mereka.

“Ini adalah platform pembelajaran yang sangat dibutuhkan, terutama bagi para pelaku bisnis muda dan perusahaan rintisan yang tengah mencari arah dan inspirasi untuk membawa usaha mereka ke tingkat selanjutnya,” kata dia lagi.

Baca juga: Manfaat Generative AI untuk pertumbuhan bisnis

Pewarta: Indriani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023