Medan (ANTARA) - Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI Amir Arief mengatakan pengunjung Roadshow Bus KPK dengan tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi," yang hadir di Kota Medan, Sumatera Utara mencapai 27 ribu orang.

"Jumlah masyarakat yang ikut  pembekalan antikorupsi sebanyak lebih dari 27 ribu orang," ujar Amir Arief, di Medan, Minggu.

Menurutnya, masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan sangat antusias dengan kehadiran tim "Bus KPK antikorupsi di provinsi ini.

"Jumlah paling besar dari provinsi tujuan di tahun 2023 ini," kata Arief.

Pihaknya mencatat masyarakat yang hadir dalam Roadshow tersebut di antaranya dari kalangan siswa, TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan seluruh instansi pemerintah dan yang lainnya.

"Kegiatan ini untuk menanamkan dan memaparkan nilai antikorupsi bagi seluruh masyarakat sejak dini," sebutnya.

Sebelumnya, perwakilan rombongan roadshow Bus KPK RI Medio Venda Sukarta mengatakan roadshow Bus KPK diinisiasi agar seluruh komponen masyarakat turut berperan serta dalam pemberantasan korupsi.

"Kita harapkan kolaborasi yang berjalan baik ini terus berjalan, saya yakin Sumut bisa menjadi contoh yang baik mengenai pencegahan korupsi," ujar Venda.

Ia mengatakan masyarakat dapat ikut berperan dalam pengentasan korupsi antara lain, dengan melaporkan dugaan tindak pidana korupsi, memantau layanan publik, dan melaporkan penerimaan gratifikasi.

"Kita mengapresiasi Pemprov Sumut yang telah menyambut kegiatan ini," katanya.

Sumatera Utara merupakan provinsi kelima di Pulau Sumatera yang disinggahi tim Roadshow Bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" untuk menyebarkan paham antikorupsi.

Roadshow Bus KPK adalah bagian dari pendidikan antikorupsi kepada masyarakat yang menjadi salah satu strategi pemberantasan korupsi KPK, selain pencegahan dan penindakan.

KPK menggunakan bus untuk hadir langsung ke tengah-tengah masyarakat, memberikan edukasi antikorupsi, nilai-nilai integritas dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
Baca juga: Pimpinan KPK ingatkan warga Sumut 'serangan fajar' di tahun politik
Baca juga: Gubernur Sumbar lepas Roadshow Bus KPK ke Sumatera Utara

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023