Ini peluang bagi kami di Kuningan, karena banyak spot wisata alam dan budaya.
Majalengka (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, Jawa Barat menyatakan pengoperasian Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang melayani tujuh rute penerbangan domestik dapat menjadi pintu masuk mendongkrak kunjungan wisata di daerahnya, karena memiliki banyak destinasi wisata.
 
"Ini peluang bagi kami di Kuningan, karena banyak spot wisata alam dan budaya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kuningan Elon Carlan saat ditemui di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Jabar), Minggu.
 
Elon menuturkan aktivitas turis di Kuningan setiap tahun selalu menyentuh angka 3 juta kunjungan wisatawan, khususnya pada momen libur nasional dan perayaan hari besar.
 
Ia menilai dengan banyaknya aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati, maka para penumpang terutama yang tiba dari bandara itu dapat memiliki opsi untuk mengunjungi destinasi wisata alam di Kuningan.
 
Oleh karenanya, pihaknya tidak mau melepas momentum tersebut dan langsung mengambil kebijakan strategis dengan menyusun paket wisata terintegrasi. Sehingga Kabupaten Kuningan dapat menjadi daerah tujuan, bukan sekadar kawasan penyangga Bandara Kertajati.
 
"Banyak orang dari domestik dan internasional, akan bepergian dari Kertajati. Kami ingin mengarahkan mereka agar berkunjung ke Kuningan," ujarnya pula.
 
Selain di skala lokal, Elon menyebut pihaknya menjalin kolaborasi bersama dinas pariwisata yang ada di wilayah Cirebon dan sekitarnya agar kunjungan wisata di daerah masing-masing bisa meningkat.
 
Menurut Elon, setiap daerah di sekitar Bandara Kertajati memiliki keunggulan pariwisata masing-masing, misalnya Kuningan dengan wisata alamnya, Cirebon yang punya bangunan bersejarah serta kuliner khasnya, Indramayu yang terkenal karena potensi baharinya, dan ragam destinasi menarik di Majalengka.
 
"Harus ada paket wisata. Misalnya orang ingin kulineran, bisa ke Cirebon. Kemudian kalau ingin merasakan sejuk dan menikmati keindahan alam bisa datang ke Kuningan atau Majalengka," katanya lagi.
 
Elon merasa yakin perlahan tapi pasti, masifnya aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati bisa berdampak positif bagi perekonomian daerah lain yang muaranya adalah menyejahterakan masyarakat.
 
"Kalau diakumulasi per tahun, kunjungan wisata di Kuningan selalu berada di angka lebih dari 2 juta," ujar dia pula.
Baca juga: Airnav Indonesia catat ada 34 penerbangan di BIJB Kertajati hari ini
Baca juga: Penumpang antusias terbang di BIJB Kertajati setelah beroperasi penuh

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023