Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan lowongan kerja dalam Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2023 masih dapat diakses masyarakat melalui layanan SIAPKerja meski gelarannya telah berakhir.

Dalam gelaran yang berlangsung pada 27-29 Oktober 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran itu menyediakan total 56.566 lowongan kerja pada 135 perusahaan.

"Jangan khawatir, lowongan 56.566 tetap akan dibuka, artinya setelah kegiatan ini ditutup silahkan mengirimkan aplikasi melalui online," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat menyampaikan Laporan Penutupan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2023 di Jakarta, Minggu.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2023 yang berlangsung selama tiga hari itu dihadiri kurang lebih 16.120 pengunjung.

Ia menambahkan Job Fair Nasional yang menyediakan 56.566 lowongan kerja itu telah menerima sebanyak 29.784 lamaran kerja.

Anwar Sanusi menambahkan, dari 29.784 lamaran kerja tersebut, 56 di antaranya merupakan lamaran penyandang disabilitas.

Ia berharap, gelaran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2023 dapat menjadi acuan untuk gelaran di tahun-tahun berikutnya.

"Dengan animo yang sangat tinggi ini mudah-mudahan acara festival pelatihan vokasi tahun depan dan juga job fair nasional tahun depan tentunya semakin semarak, semakin memberikan manfaat, dan juga akan menjadi media untuk Kemnaker bertemu dengan pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker tutup Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023
Baca juga: Kemnaker-Kadin kerja sama sinergi sistem pasar kerja-pelatihan vokasi
Baca juga: Ribuan pencari kerja padati Job Fair Nasional Kemnaker

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023