Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menilai sangat diperlukan peningkatan pengawasan makanan dan minuman di daerah itu untuk dilakukan berkelanjutan.

Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara Aryati Polapa mengatakannya di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya keberhasilan daerah tersebut sebagai peraih penghargaan di tingkat nasional merupakan prestasi yang sangat membanggakan.

"Kita mampu meraih peringkat II Desa Pangan Aman diraih Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur dan peringkat II Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) Aman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Kwandang di Regional Timur. Ini pencapaian yang sangat luar biasa," katanya.

Ia berharap prestasi tersebut sinergi dalam mewujudkan makanan dan minuman sehat baik skala rumah tangga, jajanan maupun ekonomi kreatif di bidang kuliner.

Prestasi itu kata Aryati pula, diharapkan memacu semangat masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas keamanan pangan yang ada di daerah itu.

"Kita sudah berhasil meraih prestasi di bidang makanan dan minuman sehat. Ilmu tersebut harus dapat dipublikasikan di seluruh wilayah kabupaten ini, maupun Provinsi Gorontalo sebagai wujud tanggungjawab menyajikan makanan sehat, aman dan bergizi," katanya.

Aryati pun optimistis ketersediaan pangan akan semakin baik khususnya di daerah itu seiring pengetahuan masyarakat yang semakin baik dalam menghasilkan produk pangan berkualitas.

Pemerintah daerah pun diharapkan terus membangun sinergi dengan pihak-pihak terkait khususnya BPOM agar semakin banyak pelatihan tentang keamanan pangan yang diberikan untuk menjaga konsistensi pengawasan makanan dan minuman yang memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Yang perlu diperhatikan adalah keamanan pangan agar layak dikonsumsi masyarakat," katanya.

Aryati menambahkan penguatan dalam pengawasan makanan telah dijamin pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan.

"Inpres tersebut perlu terus disampaikan ke masyarakat sebagai bentuk edukasi terhadap tingginya perhatian pemerintah dalam memberi jaminan termasuk di antaranya pengawasan makanan dan minuman yang beredar di ruang publik," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan daerah itu.***

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023