Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta, Minggu (29/10) mulai dari perawatan kereta ringan yang dioperasikan PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta hingga kebakaran di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Seluruh perawatan kereta LRT Jakarta dilakukan secara mandiri

Seluruh proses perawatan kereta ringan yang dioperasikan PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta dilakukan secara mandiri oleh divisi sarana perusahaan tersebut.

Setiap rangkaian kereta LRT Jakarta atau "Light Rail Vehicle" (LRV) harus menjalani dua jenis pemeriksaan dan perawatan secara periodik untuk memastikan kondisi fisik dan kebersihan kereta aman.

Baca berita selengkapnya di sini


2. Pemprov DKI butuh perda untuk perkuat sistem pangan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan regulasi berupa peraturan daerah untuk memperkuat sistem pangan demi terjaminnya ketersediaan dan ketercukupan stok pangan bagi masyarakat Ibu Kota.

"DKI Jakarta memerlukan beberapa upaya, di antaranya regulasi berupa peraturan daerah yang dapat menggerakkan pilar-pilar sistem pangan agar bergerak lebih cepat dalam menguatkan ketahanan pangan daerah," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya di sini


3. Puntung rokok jadi penyebab kebakaran bangunan di Jakbar

Puntung rokok diduga menjadi penyebab kebakaran pada bangunan semi-permanen di pinggir kali, Jalan Joglo Raya, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar).

"Penyebab kebakaran itu karena puntung rokok. Sekarang sudah selesai pemadaman. Kami turut membantu," kata Ketua Subkelompok Urusan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Embay Suhaimi saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya di sini


4. Kampung Akuarium raih penghargaan inovasi perumahan di Asia Pasifik

Kampung Akuarium di Jakarta Utara meraih penghargaan tertinggi Innovation Awards 2023 dari Asia Pacific Housing Forum (APHF) untuk kategori inisiatif program perumahan oleh masyarakat sipil di Suwon, Korea Selatan, pada 26-27 Oktober 2023.

Selain menang pada kategori utama, Kampung Susun Akuarium juga mendapatkan penghargaan Honorable Mention on Sustainable Consumption and Production Innovation Award dari SwitchAsia.

Baca berita selengkapnya di sini

5. Belasan unit damkar bantu padamkan kebakaran TPST Bantargebang

Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) membantu pemadaman api di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.

"Untuk sementara, ada empat mobil tanki air Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST), dua damkar UPST, enam damkar dari DKI, dan empat damkar dari Kota Bekasi. Sedang lakukan pemadaman," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya di sini
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023