Jakarta (ANTARA) - Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan para elite politik harus bijak dalam bertutur kata dan bertindak agar Pemilu 2024 berjalan dengan damai dan lancar.

"Jadi, masyarakat bisa damai ikut serta menikmati proses pemilu ini. Sehingga, pemilu bisa mencerahkan, mengedukasi, dan memberikan literasi politik yang cukup kepada masyarakat," kata Siti Zuhro kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Siti mengatakan para elite politik memiliki tanggung jawab moral untuk menjadi teladan bagi masyarakat lewat bertutur kata dan tindakan, tidak sekadar meminta dukungan melalui suara dalam Pemilu 2024.

"Jadi, (literasi politik) membuat masyarakat matang secara politik, dewasa secara politik; itu yang saya harapkan," tambah Siti.

Para peserta Pemilu 2024 juga harus melakukan praktik kampanye positif guna memutus mata rantai politik uang. Siti mengatakan bahwa kampanye juga harus dijalankan selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

"Tentunya nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai yang tidak menghalalkan semua cara," katanya.

Baca juga: Dewan Pers libatkan media untuk wujudkan pemilu damai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh DPI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: CSIS: Media sosial berperan tingkatkan literasi politik pemilih muda

Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023