Beijing (ANTARA) - Kapasitas terpasang energi terbarukan yang baru ditambahkan dalam sembilan bulan pertama tahun ini di China mencapai 172 juta kilowatt atau meningkat 93 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut Administrasi Energi Nasional (National Energy Administration/NEA) China pada Senin (30/10). Lonjakan ini mencerminkan komitmen negara tersebut untuk mendorong pembangunan ramah lingkungan.

Angka itu menyumbang 76 persen dari total tambahan baru kapasitas pembangkit listrik di China selama periode tersebut, kata NEA.

Hingga akhir September, total kapasitas terpasang energi terbarukan di China mencapai 1,38 miliar kilowatt, menyumbang 49,6 persen dari total kapasitas terpasang pembangkit listrik di negara tersebut dan telah melampaui kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara.

Dari jumlah itu, kapasitas terpasang dari pembangkit listrik tenaga air, tenaga bayu, tenaga surya, dan tenaga biomassa masing-masing mencapai 419 juta kilowatt, 400 juta kilowatt, 521 juta kilowatt, dan 43 juta kilowatt.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023