Iya ini untuk dia memiliki modal kerja yang lebih banyak, sehingga bisa menambah kapasitas usaha
Gianyar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan uang untuk modal usaha para pedagang di Pasar Bulan, Gianyar, Bali, sembari memantau harga bahan pokok dan kunjungan di beberapa tempat lain.

“Iya ini untuk dia memiliki modal kerja yang lebih banyak, sehingga bisa menambah kapasitas usaha,” kata Presiden Jokowi di Kabupaten Gianyar, Selasa.

Di pasar tersebut Presiden Jokowi mendapati harga komoditas pangan yang relatif stabil dan kunjungannya pun berjalan lancar. diwarnai sorak gembira warga dan pedagang yang mendapat bantuan modal usaha, paket sembako, hingga baju kaos.

Sekitar pukul 11.00 Wita, sebelum datang ke Pasar Bulan, Presiden Jokowi terlebih dahulu menyambangi sekolah kejuruan SMK Negeri 3 Sukawati yang berjarak 400 meter dari pasar tradisional itu.

Di sana Presiden Jokowi fokus melihat potensi siswa dengan jurusan yang ada. Menurutnya, sekolah tersebut sudah menawarkan jurusan-jurusan yang tepat dengan kebutuhan Bali yaitu pariwisata.

Baca juga: Jokowi tetapkan KEK Kura Kura Bali untuk pariwisata-industri kreatif

“Ini SMK Negeri 3 Sukawati memang sangat relevan dengan Bali, utamanya di bidang pariwisata, karena di sini ada jurusan tata boga, perhotelan, tari, karawitan, dan musik, semua relevan dengan pariwisata,” ujarnya.

“Saya kira sekolah kejuruan seperti ini yang dibutuhkan untuk provinsi-provinsi yang jadi destinasi wisata dan kita lihat beberapa peralatannya perlu diperbaharui. Tadi saya sudah menyanggupi membantu,” kata Presiden Jokowi.

Selanjutnya setelah menyelesaikan kunjungan di sekolah dan Pasar Bulan, Presiden Jokowi menyempatkan hadir di Balai Budaya Batubulan untuk menyerahkan bantuan pangan beras kepada masyarakat Gianyar, dilanjutkan bagi-bagi sepeda. 

Wayan Wiradana, pedagang sayur dan ikan berusia 33 tahun, mengaku senang karena mendapat bantuan modal usaha. “Dapat Rp1.200.000 ini untuk modal, dapat sembako juga, minta foto malah dikasi sembako, isinya beras, minyak, gula. Jadi kami sangat terbantu,” ujarnya.

Baca juga: Presiden meninjau SMKN 3 Sukawati di Gianyar
Baca juga: Presiden Jokowi siapkan langkah antisipasi ekonomi di tahun politik

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023