Jakarta (ANTARA) - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengklarifikasi soal relawan WNI di RS Indonesia yang dikabarkan meninggal dunia di Gaza, di tengah konflik yang masih berlangsung antara Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Kabar mengenai relawan bernama Ahmad Hasyim yang gugur sebagai syahid beredar di media sosial dari akun Instagram @salimafillah milik Ustadz Salim A Fillah.

“Sesuai data Kemlu mengenai WNI di Gaza, tidak ada WNI dengan nama Ahmad Hasyim,” ujar Judha melalui pesan singkat pada Selasa.

Dia mengatakan bahwa Kemlu telah menghubungi Ustadz Salim A Fillah untuk melakukan pengecekan informasi dan mendapat penjelasan bahwa relawan yang meninggal tersebut bukan WNI, melainkan warga lokal Palestina.

Baca juga: Menlu: WNI di Gaza dalam kondisi baik

Judha kemudian memastikan bahwa 10 WNI yang masih berada di Gaza, termasuk di antaranya tiga relawan di RS Indonesia, dalam kondisi selamat.

“Seluruh 10 WNI di Gaza saat ini dalam kondisi selamat,” tutur dia.

Sementara itu, Juru Bicara Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal menyampaikan belasungkawa atas wafatnya warga Palestina Ahmad Hasyim, yakni relawan Gaza yang bekerja pada salah satu lembaga kemanusiaan Indonesia.

“Kami ikut berduka cita dan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya almarhum,” kata Iqbal.

Baca juga: Menlu: Indonesia dorong lebih banyak truk bantuan masuk Gaza

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023