Pemerintah Indonesia ingin mengembangkan kerja sama terkait proteksi data dan copyright
Jakarta (ANTARA) - Republik Indonesia menjalin kerja sama di bidang data dan keamanan siber dengan Republik Lithuania guna tingkatkan infrastruktur digital pada Senin (30/10).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia terbuka untuk membahas peluang kerja sama mengingat infrastruktur digital menjadi keunggulan dari Republik Lithuania.

“Pemerintah Indonesia ingin mengembangkan kerja sama terkait proteksi data dan copyright," kata Menko Airlangga melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Salah satu fokus dari Indonesia dalam menjalin kerja sama yakni menciptakan zero blank spot di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan penguatan di sektor digital melalui kerja sama dengan negara lain.

Adapun blank spot merupakan tempat-tempat yang tidak memiliki sinyal akibat dari tidak adanya menara telekomunikasi.

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan harapan agar pihak Lithuania dapat mendukung proses aksesi Indonesia ke Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), salah satunya dengan cara membagi pengalaman yang dimiliki kepada Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Republik Lithuania Gabrielius Landsbergis meresnpons dengan siap mendukung langkah Indonesia menjadi anggota OECD.

“Pemerintah Lithuania siap mendukung Indonesia untuk memenuhi semua persyaratan aksesi sebagai anggota OECD. Kami siap untuk membantu pelaksanaan pelatihan, mengirim para ahli, serta membentuk kelompok konsultasi dengan Indonesia,” kata Menlu Landsbergis.

Lithuania juga menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan Indonesia di sektor produk susu. Terkait hal tersebut, perusahaan susu asal Lithuania siap untuk memenuhi persyaratan yang berlaku di Indonesia.

Kedua menteri itu mendiskusikan terkait upaya percepatan penyelesaian Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA) yang saat ini masih dirundingkan oleh kedua pihak. Pihak Indonesia dan Lithuania meyakini bahwa disepakatinya IEU CEPA nantinya dapat mendorong peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Menlu Landsbergis menyinggung pula rencana asosiasi industrialis Lithuania untuk mengembangkan kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

“Nantinya penandatanganan kesepakatan akan menjadi awal yang baik bagi kedua pihak untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di masa mendatang," katanya.

Baca juga: Menlu Retno berharap perdagangan dua arah RI-Lithuania meningkat

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023