Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus menjelaskan bahwa DPR akan segera memroses surat presiden (surpres) tentang penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Dia mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat pimpinan DPR untuk menindaklanjuti surpres usulan calon Panglima TNI tersebut, kemudian dilanjutkan pembahasan pada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Ya, tentunya setelah DPR menerima seperti yang disampaikan oleh Ibu Ketua DPR tadi ada proses yang harus kita lewati. Artinya setelah itu kita akan rapat pimpinan, kemudian dilanjutkan rapat Bamus," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Lodewijk menyebut setelah rapat pimpinan dan Bamus DPR dilakukan maka surpres tersebut akan bergulir di Komisi I DPR selaku alat kelengkapan dewan (AKD) yang ditugaskan.

Baca juga: DPR RI terima surpres usulan calon Panglima pengganti Yudo Margono

Baca juga: Puan: DPR terima surpres penunjukan Kasad calon panglima TNI


"Nah, di situ kita memberikan penugasan kepada Komisi I untuk memroses. Proses itu mulai dari seleksi administrasi, kemudian biasanya ada berkunjung ke rumah untuk mengkonfirmasi, kemudian setelah itu ada fit and proper test," ujarnya.

Lodewijk menyebut pihaknya memiliki waktu hingga 20 hari ke depan untuk mengatur jadwal uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Agus Subiyanto.

"Yang jelas aturannya setelah diterima oleh DPR maka kita punya waktu 20 hari. Kira-kira dalam ruang kendali ruang itu lah yang akan ditentukan untuk fit and proper test," ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi I DPR akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI terdekat untuk diambil keputusan Tingkat II.

"Dari fit and proper test ini tentu yang dilapor dari Komisi I dilaporkan kepada Ketua DPR, kemudian setelah itu kita rencanakan untuk pengambilan keputusan pada Tingkat II yaitu pada rapat paripurna," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi enggan komentari calon pengganti Panglima TNI dan KSAD

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR telah menerima surat presiden (surpres) tentang penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Puan di Jakarta, Selasa.

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto sendiri baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada Rabu (25/10). Ia dipilih sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada 19 November 2023.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023