"Terima kasih memilih PSI,"
Jakarta (ANTARA) - Empat anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku memutuskan bergabung di Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Terima kasih memilih PSI," kata Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa.

Keempat anggota DPRD itu yakni Wakil Ketua DPRD Tanimbar Ricky Jauwerissa, Ketua Fraksi Berkarya Richie Laurens Angito, Ketua Komisi C Gehasi Rumkedy. Mereka bertiga Fraksi Berkarya, sementara satu orang dari Fraksi PKPI yakni Wakil Ketua Komisi C Semuel Lilimwelat.

Kaesang menyerahkan secara simbolis jaket PSI, sebagai tanda disahkannya mereka bergabung di partai yang dipimpin putra bungsu Presiden Jokowi itu.

"Melaksanakan apa yang sudah dilakukan PSI saat ini, dan berpolitik dengan santun dan santuy (santai)," pesan Kaesang.

Dia juga menegaskan dalam setiap kesempatan bertemu masyarakat di Indonesia, selaku mengingatkan untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS), pada 14 Februari 2024.

"Datang di TPS untuk mencoblos, agar surat suara tidak disalahgunakan," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar Richie Laurens Angito mengatakan mereka telah melihat kiprah PSI, sebelum menyatakan untuk bergabung. Bahkan, Hal itu dikuatkan setelah Partai Berkarya yang mengantarkan mereka ke DPRD, tidak lolos sebagai partai peserta Pemilu tahun 2024.

Sementara itu, Ricky Jauwerissa menyatakan mereka telah memikirkan baik-baik sebelum memutuskan bergabung dengan PSI. Terkait status keanggotaan mereka di DPRD, mereka turut dikuatkan oleh putusan MK Nomor 39/PUU-XI/2013 terkait permohonan pengujian Pasal 16 ayat (3) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023