Brasilia (ANTARA News) - Timnas Brazil sekarang tidak cukup bagu untuk menjuarai Piala Konfederasi, kata legenda sepakbola Brazil, Pele, seperti dikutip AFP.

Brazil biasa-biasa saja di bawah pelatih pemenang Piala Dunia 2002 Luiz Felipe Scolari karena belakangan tampil buruk sehingga berada di peringkat 19 rangking FIFA.

Pele mengatakan Brazil saat itu tidak cukup bagus, kendati diperkuat Neymar.

"Skuad saat ini tidak cukup bagus untuk memenangi Piala Konfederasi namun pada saat bersamaan ini adalah peluang bagi pelatih dan staf teknis untuk menstabilkan tim sehingga siap untuk Piala Dunia.

"Ada beberapa tim yang sangat kuat di turnamen ini, seperti tim-tim dari Eropa (juara dunia Spanyol dan juga Italia) yang sangat tinggi levelnya," kata Pele kepada ESPN Brazil.

Pele melihat kurangnya kreativitas di lapangan tengah dan ada yang hilang di antara lapangan tengah dan depan, kendati sektor pertahanan Brazil terbilang bagus.

"Seluarbiasa yang tampak sekarang ini, pertahanan kita sangatlah kuat. Brazil selalu sangat bagus dalam serangan.  Namun saat ini kita senjang dalam arti keterhubungan antara lapangan tengah dan serangan," kata Pele.

Namun dia berharap pindahnya Neymar ke Barcelona akan membantu sang bintang semakin berkembang.

"Perpindahan itu aan sangat penting bagi perkembangannya. Dia akan belajar banyak dari musim mendatangnya di Eropa. Dan itu akan juga bagus bagi Brazil karena dia akan mempunyai pengalaman di lebel yang lebih tinggi dan lebih sulit," kata Pele.

Dan semua itu, sambung Pele, akan bagus bagi timnas Brazil.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013