Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi siswa yang bersekolah di Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) termasuk di Jeddah, Arab Saudi.

SILN telah berfungsi sebagai pintu gerbang untuk diplomasi kultural dan pendidikan Indonesia di tiga benua yaitu Asia, Afrika, dan Eropa, sekaligus merupakan sarana penting untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dasar dan menengah bagi anak-anak Indonesia di wilayah tersebut.

“Pengembangan guru adalah salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa,” kata Kepala Sekolah Indonesia Jeddah Sutikno dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Sekolah Indonesia Jeddah yang terletak di Jeddah, Arab Saudi, adalah salah satu SILN yang masih beroperasi dan mengajar siswa dengan kurikulum Indonesia.

Baca juga: Kemendikbudristek ajak mahasiswa RI kuliah di luar negeri lewat IISMA

"Sekolah Indonesia Jeddah terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan mengingat adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan budaya, bahasa, dan identitas Indonesia di negara lain," katanya.

Sutikno menjelaskan guru merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga guru harus terampil, berpengetahuan, dan terus memperbarui keterampilan mereka sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.

Untuk peningkatan keterampilan guru, Sekolah Indonesia Jeddah melakukan kolaborasi dengan SEAMEO Regional Learning Centre (SEAMOLEC) yang ditandai dengan proses penandatanganan dokumen kerja sama antara kedua institusi secara daring.

Baca juga: Kemendikbudristek: Peserta IISMA duta bangsa di luar negeri

Kedua pihak mencapai kesepakatan untuk melakukan berbagai tindakan dalam hal peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah termasuk pelatihan dan meningkatkan kemampuan guru.

Direktur SEAMOLEC Wahyudi memastikan pihaknya siap mendukung dengan memberikan layanan pengembangan guru di Sekolah Indonesia Jeddah termasuk program pelatihan dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan kurikulum, serta strategi pengajaran terbaik.

Seperti yang telah dilakukan dengan Sekolah Indonesia Jeddah, kerja sama antara SEAMOLEC dan SILN dianggap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat sistem pendidikan secara keseluruhan.

Baca juga: Kemendikbudristek: Manfaatkan Program IISMA untuk kuliah di luar negeri

“Tujuannya agar pendidikan tetap relevan serta berkualitas dan siswa Indonesia berkembang di luar negeri lewat kolaborasi antara sekolah dengan berbagai pemangku kepentingan bidang pendidikan,” katanya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023