Saya sangat gembira pada saat ini karena kami akhirnya pulang ke rumah
Jiuquan, China (ANTARA) - Kru Shenzhou-16 yang terdiri dari tiga astronaut China kembali ke Bumi dengan selamat pada Selasa (31/10), setelah mereka menuntaskan misi stasiun luar angkasa selama lima bulan.

Kapsul pembawa pulang (return capsule) Shenzhou-16, yang membawa taikonaut Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao, mendarat di situs pendaratan Dongfeng, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, pada pukul 08.11 Waktu Beijing (07.11 WIB), dan seluruh awak telah meninggalkan kapsul pembawa pulang pada pukul 09.10 waktu setempat, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

CMSA mengungkapkan, para taikonaut Shenzhou-16 berada dalam keadaan sehat dan misi berawak Shenzhou-16 terbukti sukses, sekaligus menandai bahwa ketiga tipe taikonaut yang saat ini ada di China, yaitu pilot pesawat luar angkasa, insinyur penerbangan luar angkasa, dan spesialis muatan (payload), telah menyelesaikan penilaian penerbangan dan tes praktis mereka.

Misi ini meletakkan dasar yang baik untuk pengembangan dan pembangunan program penerbangan antariksa berawak selanjutnya dan eksperimen sains antariksa berskala besar.

"Saya sangat gembira pada saat ini karena kami akhirnya pulang ke rumah dan kembali ke tanah air kami," kata Jing, komandan misi sekaligus astronaut China pertama yang menyelesaikan empat misi luar angkasa berdurasi lebih dari 200 hari itu.

"Selama misi kami, para awak menjalani kehidupan yang bahagia dan bekerja dengan efisien. Semua operasi dilakukan tanpa kesalahan," kata Jing sambil duduk di kursi di depan kapsul.

Zhu, insinyur penerbangan antariksa China pertama yang melakukan misi di luar angkasa, mengatakan bahwa mereka berkoordinasi dengan baik dalam menyelesaikan berbagai tugas dengan sukses dan menjadi saksi kemegahan stasiun luar angkasa Tiangong, laboratorium luar angkasa nasional negara itu, selama misi lima bulan tersebut.

"Stasiun luar angkasa China selalu layak untuk dinantikan," Zhu menambahkan.

"Saya akan tetap berpegang pada cita-cita dan misi awal saya sebagai astronaut dan guru dengan tindakan nyata, dan berharap dapat melakukan perjalanan ke stasiun luar angkasa negara ini lagi untuk mengeksplorasi lebih banyak misteri ilmiah," kata Gui, astronaut sipil pertama China dan spesialis muatan pertama di luar angkasa.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023