Hangzhou (ANTARA) - Atlet renang Qin Haiyang dan pebasket Yang Liwei pada Jumat (22/9) ditunjuk sebagai pembawa bendera kontingen tuan rumah China pada upacara pembukaan Asian Games ke-19.

Qin (24) merupakan juara dunia renang gaya dada sekaligus pemegang rekor Asia di tiga nomor dan rekor dunia di nomor 200 meter.

Di Asian Games Hangzhou yang dijadwalkan berlangsung antara 23 September hingga 8 Oktober di Provinsi Zhejiang, China, dia akan berpartisipasi dalam nomor 50 meter, 100 meter, dan 200 meter gaya dada putra dan dua nomor estafet.

Sementara Yang Liwei adalah kapten tim nasional bola basket putri yang memimpin rekan-rekannya mengakhiri penantian China selama 12 tahun untuk meraih gelar juara Piala Asia pada Juli silam dan sukses menyabet medali perak di Piala Dunia tahun lalu. Pebasket yang berposisi point guard tersebut lahir pada 1995 dan memiliki tinggi badan 1,76 meter.

Upacara pembukaan Asian Games Hangzhou akan digelar pada Sabtu (23/9) malam waktu setempat. China telah mengumumkan kontingennya yang terdiri dari 1.329 anggota, termasuk 886 atlet yang akan berlaga dalam 407 nomor dari 38 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023