Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan yang disertai petir dan angin kencang.

Prakirawan BBMKG WIlayah 1 Medan Utami Al Khairiyah, di Medan, Rabu, menyebutkan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, terutama di wilayah pegunungan, lereng timur, lereng barat, dan pantai barat.

Baca juga: BMKG peringatkan soal ancaman cuaca ekstrem selama pancaroba

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena berpotensi dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," katanya.

Ia mengatakan, secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, dan Serdang Bedagai.

Sementara pada siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspada cuaca ekstrem beberapa hari ke depan

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, dan Samosir.

Pada malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumut.

Baca juga: BMKG tegaskan komitmen dalam penguatan sistem pengamatan laut

Suhu udara rata-rata 18-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen dan angin berhembus dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023