Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga (Unair) dan The Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Surabaya bekerja sama menggelar pameran pendidikan tinggi Taiwan di kampus setempat, selama dua hari yakni 1 hingga 2 November 2023.

Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih menyampaikan acara yang digelar di kampusnya bukan sekadar pameran semata, tetapi menerapkan kerja sama dan kolaborasi dengan perguruan tinggi di Taiwan.

"Tentu kami punya kolaborasi dan kerja sama dengan fokus di industri dan pendidikan Taiwan Education Center. Karena partisipasi Taiwan sangat bagus, mahasiswa kami belajar di sana dengan program double degree," ujar Prof. Nasih di kampus setempat, Rabu.

Selain itu, dengan adanya pameran itu, Prof. Nasih berharap bisa memegang industri Taiwan yang ada di Surabaya. Ia melihat banyak peluang yang bisa diambil dari kolaborasi dengan Taiwan ini.

Baca juga: Guru Besar Unair ciptakan terobosan baru penanganan epilepsi

Baca juga: Unair kukuhkan enam guru besar tingkatkan kualitas pendidikan


"Kami juga bisa magang di banyak industri Taiwan di Surabaya. Ini kesempatan yang harus kami manfaatkan karena investasi Taiwan di Surabaya cukup banyak," tutur Nasih.

Director General Taipei Economic and Trade Office (TETO) in Surabaya Isaac C. Chiu mengatakan dirinya melihat banyak mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan.

"Saat ini kami ingin menambah siswa/siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di Taiwan, agar mereka nantinya dapat kembali ke Indonesia dan membantu perkembangan pendidikan di Indonesia," kata Isaac.

Isaac memaparkan banyak macam beasiswa yang ditawarkan pada pameran kali ini salah satunya dari kementerian.

"Ada 54 beasiswa, salah satunya dari kementerian. Dan masing-masing universitas akan memberikan masing- masing beasiswanya," ujar dia.

Sementara itu Chair Professor Asia University, Yinghuei Chen menyebut ada program baru yang memberikan 100 persen beasiswa di Taiwan. Mahasiswa bisa mendapatkan biaya pendidikan sampai tempat tinggal, dan mendapat kesempatan untuk magang di industri dan mendapat gaji.

"Yakni mereka akan mendapatkan beasiswa dari gubernur atau kementerian dan industri salah satu target negaranya yakni Indonesia," tutur dia.

Pameran pendidikan Taiwan 2023 ini mendatangkan 14 universitas Taiwan. Selain itu, mereka membuka 54 beasiswa gratis bagi masyarakat Surabaya yang berminat menempuh kuliah di sana.*

Baca juga: Dosen Unair: Waspada hasil survei politik dijadikan sarana kampanye

Baca juga: Pakar Unair sebut pilihan cerdas Mahfud MD jadi pendamping Ganjar

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023