Jakarta (ANTARA) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Mohamad Amin mengungkapkan, razia tilang uji emisi di wilayah tersebut akan dilakukan sebanyak 14 kali selama November 2023.
 
Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Selatan bersama Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan melakukan penindakan terhadap kendaraan bermotor yang tak lulus uji emisi. Razia dilakukan di Jalan RA Kartini, Lebak Bulus, pada Rabu.
 
"Kegiatan yang sama akan terus dilakukan di sejumlah titik seperti di Jalan RA Kartini ini dan Blok M," ujar Amin saat dikonfirmasi di Jakarta.
 
Amin mengungkapkan, dalam razia ini sebanyak 34 kendaraan terjaring untuk melakukan uji emisi. Dari jumlah tersebut tiga kendaraan dengan rincian dua unit kendaraan roda empat dan satu sepeda motor tidak lulus.
 
Adapun sepanjang 2023, lanjut Amin, telah melakukan 39 kali uji emisi di Jakarta Selatan (Jaksel) dengan jumlah 3.075 kendaraan.
 
"Rasio kelulusan 91 persen dan 9 persen itu tidak lulus. Baik untuk kendaraan roda empat maupun dua," ujar Amin.

Baca juga: 34 kendaraan terjaring razia uji emisi di Jakarta Selatan
Baca juga: Tilang uji emisi mulai dilaksanakan 1 November 2023
 
Amin juga menyebutkan razia tilang uji emisi kembali dilakukan karena kecenderungan masyarakat untuk memperhatikan kelayakan kendaraan mereka menurun.
 
Dia pun mengajak masyarakat untuk rutin melakukan perawatan kendaraan sesuai dengan aturan yang berlaku. Terlebih hasil uji emisi akan menjadi salah satu syarat untuk memperpanjang STNK kendaraan.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan pemberlakuan kembali tilang terhadap kendaraan yang belum atau tidak lolos uji emisi mulai 1 November 2023.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, hingga akhir tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan melaksanakan razia uji emisi sebanyak 51 kali dan tersebar di sejumlah titik lima wilayah DKI Jakarta.
 
Langkah yang diambil setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan evaluasi yang melibatkan berbagai pihak. Tilang uji emisi dinilai sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023