Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menilai kebijakan substitusi biomassa yang gencar dilakukan oleh Indonesia menjadi upaya konkret dalam memangkas emisi pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU berbahan bakar batu bara.

"Co-firing PLTU batu bara merupakan upaya alternatif mengurangi penggunaan batu bara dengan mengganti sebagian batu bara dengan biomassa untuk mencapai target netralitas karbon," kata Periset Teknologi Pertambangan BRIN Datin Fatia Umar dalam seminar bertajuk materi lokal untuk mendukung net zero emission yang dipantau di Jakarta, Rabu.
 
Tak hanya mendukung kontribusi energi baru terbarukan pada bauran energi nasional, program substitusi biomassa juga berdampak positif terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan yang produktif melalui penciptaan ekosistem listrik kerakyatan yang melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif.
 
Datin mengatakan substitusi biomassa adalah teknologi paling sederhana dan murah dibandingkan penerapan teknologi batu bara bersih pada pembangkit listrik (IGCC) dan teknologi penangkapan karbon (CCS/CCUS).
 
Menurutnya, teknologi co-firing biomassa bisa langsung dikerjakan dan diterapkan di dalam negeri.
 
Indonesia memiliki potensi biomassa dari hutan tanaman energi sekitar 991 ribu ton, serbuk gergaji 2,4 juta ton, serpihan kayu 789 ribu ton, sekam padi 10 juta ton, tandan buah kosong 47,1 juta ton, dan sampah rumah tangga 68,5 juta ton.
 
"Nilai kalor batu bara memang lebih tinggi dibandingkan produk biomassa, sehingga hal ini menjadi bahan pertimbangan saat pencampuran batu bara dengan biomassa di PLTU," ujar Datin.
 
Dalam peta jalan energi nasional, pemerintah terus mendorong peningkatan pemanfaatan biomassa sebagai sumber energi untuk menurunkan produksi emisi dari pembakaran batu bara.
 
Pada 2021, jumlah biomassa yang dipakai untuk substitusi PLTU hanya 0,25 juta ton, lalu meningkat menjadi 0,45 juta ton pada 2022, dan puncaknya tumbuh hingga 10,20 juta ton pada 2025, sebelum akhirnya menurun seiring dengan ada program pensiun dini berbagai pembangkit listrik tenaga uap.
 
Indonesia memiliki potensi batu bara yang cukup melimpah dengan total sumber daya mencapai 89,55 miliar ton dan total cadangan sebanyak 24,76 miliar ton. Sekitar 80 persen batu bara digunakan sebagai bahan bakar PLTU.
 
Pakta Iklim Glassgow mengimbau negara-negara di dunia untuk menghentikan pemakaian energi batu bara untuk mencapai netralitas karbon karena penyebab emisi karbon secara global sebesar 40 persen dihasilkan dari pembakaran batu bara setiap tahun.
 
Ketua Majelis Profesor Riset BRIN Gadis Sri Haryani menjelaskan bahwa substitusi biomassa merupakan teknologi menggunakan biomassa sebagai campuran bahan bakar PLTU.
 
Ada pula biofuel atau biodiesel sebagai bahan bakar nabati yang dapat diproduksi dari biomassa, seperti kepala sawit, jagung, singkong, dan lain-lain.
 
"Semakin berkembangnya teknologi dan inovasi yang ini merupakan tugas para peneliti di BRIN, maka pemanfaatan material lokal untuk mendukung netralitas karbon di Indonesia semakin luas dan beragam," pungkas Gadis.

Baca juga: BRIN sampaikan potensi limbah lignoselulosa untuk bahan baku bioetanol

Baca juga: Menteri ESDM sebut PLTU batu bara pensiun di 2058

Baca juga: BRIN sebut produksi baterai jadi kunci capai target netralitas karbon

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023