Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta aparat keamanan mewaspadai aksi teror yang mungkin muncul menjelang Pemilu Serentak 2024.

“Ya saya kira saya sudah sering meminta supaya pihak keamanan mewaspadai semua yang bisa mengganggu jalannya pemilihan umum. Termasuk teroris atau kelompok-kelompok lain,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Cibitung, Jawa Barat, Rabu. Dia juga meminta aparat keamanan memetakan tantangan-tantangan termasuk daerah-daerah rawan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Termasuk hal-hal yang bisa mengganggu. Saya kira sekali lagi saya minta Pak Kapolri yang kemarin Densus sudah mulai melakukan,” ujarnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa Densus 88 Antiteror Polri terus memantau pergerakan kelompok-kelompok jaringan teror.

Menurut Kapolri, pihaknya akan melakukan pengembangan terkait penangkapan 59 orang terduga teroris belum lama ini, berkaitan dengan gerakan-gerakan yang terafiliasi serta kaitannya dengan situasi global yang ada.

“Sehingga kita mencegah jangan sampai ada peristiwa, baru kita tangkap,” kata Kapolri Sigit.

Baca juga: Polri lakukan pendekatan lunak hingga keras atasi teror pada Pemilu

Baca juga: Lemhannas waspadai aksi teror baru akibat eskalasi Israel-Palestina


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023