Jakarta (ANTARA) - Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) menilai wacana Badan Pangan Nasional untuk menggelontorkan beras komersil Bulog kepada penggilingan padi guna menjaga harga beras di masyarakat harus dilakukan secara masif agar manfaatnya bisa lebih berdampak.

“Yang penting implementasi, kalau kita wacanakan dan belum dilaksanakan tetap saja. Ini tidak boleh sedikit-sedikit, harus sekaligus, kalau kita mau banjiri, digelontorkan,” kata Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso ditemui di acara diskusi publik Sustainable Rice Platform dan Beras Berkelanjutan di Jakarta, Rabu.

Sutarto mengatakan efektif atau tidaknya penggelontoran beras komersil Bulog untuk menjaga stabilisasi harga dan pasokan gabah serta beras sangat bergantung pada waktu dan tempat. Menurutnya, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional perlu memetakan secara rinci nama-nama penggilingan padi yang akan mendapat beras komersil Bulog, termasuk waktu pelaksanaan.

“Kalau ini tidak segera keluar, ya kan harga bisa bergerak terus gitu. Jadi timing itu menentukan, tempat juga menentukan, di mana yang paling cocok, yang paling pas,” ucapnya.

Berdasarkan penilaiannya, kota-kota besar seperti Jakarta yang tidak menghasilkan beras menjadi target utama penggelontoran beras komersil Bulog tersebut. Begitu juga dengan provinsi-provinsi yang tidak menghasilkan pada atau hanya menghasilkan dalam jumlah terbatas.

Sedangkan mengenai keputusan pemerintah untuk kembali mengimpor beras dengan total 1,5 juta ton guna menjaga stabilisasi pasokan dan harga jelang tahun baru dan Pemilu, Perpadi menilai importasi harus dilakukan secara bertahap agar tidak menimbulkan gejolak terhadap harga beras di lokal maupun global.

“Ini tidak boleh tiba-tiba semua diambil juga tidak bisa, bertahap. Kedua, harga dunia pasti akan naik. Makanya kalau Indonesia impor itu akan selalu dampaknya menaikkan harga beras dunia,” tuturnya.

Adapun sebelumnya Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan salah satu langkah strategis untuk memenuhi pasokan beras dan menjaga stabilisasi adalah dengan menggelontorkan beras komersil milik Perum Bulog ke penggiling padi. Hal itu menurutnya dapat mempercepat distribusi beras dan mendorong terpenuhinya kebutuhan beras.

Baca juga: Perpadi nilai RI perlu batasi penggilingan padi baru jaga harga beras
Baca juga: Beras kembali jadi komoditas penyumbang inflasi terbesar Oktober 2023
Baca juga: Perpadi usulkan harga acuan pembelian gabah naik jadi Rp6.500 per kg

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023