Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan akan membuat standar kompetensi bidang pusat data hijau sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.   

"Kementerian Ketenagakerjaan siap berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo untuk mewujudkan ASN yang kompeten di bidang pusat data hijau," ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan dalam membuat standar kompetensi terkait pusat data hijau juga akan bekerja sama dengan pegiat pusat data, di antaranya Ikatan Profesional Pusat Data Hijau Indonesia (IPUSTAH-ID).  

Pada acara Peluncuran Teknologi Immersion Cooling Pada Pusat Data Dalam Usaha Mengurangi Emisi Karbon yang Berdampak ke Lingkungan Hidup di Jakarta, Selasa (31/10), ia juga mengatakan pemerintah telah berusaha mengurangi emisi karbon dengan berbagai regulasi, di antaranya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement.

Ia menambahkan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 1 November 2021, Presiden Joko Widodo mengambil langkah serius dalam penanggulangan perubahan iklim, dengan mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

Saat ini, kata dia, Kemnaker secara resmi baru mengeluarkan SKKNI bidang pusat data terkait pengelolaan pusat data saja melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 45 tahun 2015 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Pengelolaan Pusat Data.

"Ke depannya dalam mendukung pengurangan emisi karbon, akan disiapkan SKKNI terkait pusat data hijau, baik untuk desain, maupun operasional," ucapnya.

Wamenaker mengatakan sudah ada kerja sama antar kementerian dan lembaga yakni Kemnaker, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PPN/Bappenas, BNSP dan Kadin dalam pembuatan Daftar Unit Kompetensi Okupasi termasuk bidang Pusat Data.

Namun, daftar unit kompetensi tersebut belum sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan sehingga akan diusulkan untuk di sesuaikan kembali.

Baca juga: Wamenaker: Kunci capai Indonesia Maju 2045 pengembangan kualitas SDM

Baca juga: Kemnaker: Perguruan tinggi harus menyesuaikan perkembangan dunia kerja

Baca juga: KemenPUPR komitmen tekan emisi karbon melalui konstruksi berkelanjutan
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023