Kami akan menunggu sampai saat terakhir, namun saya kurang lebih telah memilih tim."
Recife (ANTARA/AFP) - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, menolak untuk mengungkapkan apakah Iker Casillas akan menjadi kiper utama pada pertandingan pembuka mereka di Piala Konfederasi Grup B melawan Uruguay di Recife yang berlangsung Minggu.

Casillas (32) tidak tergeser sebagai kiper pilihan pertama Spanyol sepanjang laju penuh kesuksesan di la Roja menjadi juara di Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.

Bagaimanapun, cedera tangan membuat pemain Real Madrid ini sempat menepi untuk kurun waktu yang lama pada 2013, dan sepanjang absennya itu kiper Barcelona, Victor Valdes, telah membuktikan cukup layak sebagai pemain utama.

"Kami akan menunggu sampai saat terakhir, namun saya kurang lebih telah memilih tim," kata Del Bosque pada konferensi pers.

Ia menimpali, "Tiga kiper kami sangat baik. Mereka memperlihatkannya secara reguler bersama klub-klubnya, yang merupakan tiga klub hebat, dan itu memberi mereka tanggung jawab istimewa." Kiper lainnya adalah kiper Liverpool, Pepe Reina.

Saat ditanyai mengenai Casillas, yang menghabiskan bulan-bulan terakhir masa kepelatihan Jose Mourinho sebagai pemain cadangan, Del Bosque menegaskan bahwa dirinya tidak melihat hal itu sebagai masalah serius.

"Pada beberapa waktu terakhir, Iker mengalami kemunduran di karirnya, namun saya tidak berpikir hal itu menyulitkannya jika ia harus bermain pada pertandingan besok Minggu," ucapnya.

Ia mengemukakan pula, "Ia mengemban tanggung jawabnya dengan sangat baik pada beberapa tahun terakhir. Ia telah melewati situas yang belum pernah dialami sebelumnya, yang saya bayangkan tidak mudah untuknya."

Casillas, yang tampil bersama Xavi sebagai kapten bersama pada konferensi pers yang lebih awal, merespon pertanyaan-pertanyaan mengenai peluangnya bermain sejak awal dengan berkata, "Saya tidak tahu."

Ia menambahkan, "Saya mendekati turnamen ini dengan sikap yang berbeda dari turnamen-turnamen sebelumnya. Tentu saja, fakta bahwa saya tidak bermain untuk kurun waktu lama berarti saya mendapat ritme yang lebih sedikit daripada rekan-rekan setim saya, namun sejaka pertemuan pertama kami pada 4 Juni, pelatih dapat menilai saya."

Casillas memainkan sedikit peran pada dua pertandingan pemanasan Spanyol, menggantikan Valdes untuk 30 menit terakhir saat mereka menang 2-0 atas Republik Irlandia dan kemudian bermain pada babak pertama saat menang 2-1 atas Haiti.

"Melawan Irlandia, saya telah menemukan kembali diri saya," ucapnya.

Ia menimpali, "Sebelum pertandingan, saya sedikit gugup karena saya tidak bermain selama beberapa waktu dan saya tahu saya akan diawasi dengan cermat, namun itu akan baik-baik saja."

Selain itu, ia berujar, "Saya menikmati kembali menemukan keberlanjutan di mana saya telah bersama timnas selama 12 tahun terakhir."

Satu-satunya kekecewaan Spanyol selama lima tahun dominasi mereka di sepak bola internasional adalah kekalahan mengejutkan 0-2 dari AS di semifinal Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan.

Meski telah meraih banyak kesuksesan di timnas, Xavi mengatakan kekecewaan akibat kekalahan itu masih membekas.

"Ini mungkin menjadi Piala Konfederasi terakhir yang kami ikuti, karena usia dan fakta bahwa Anda perlu memenangi gelar utama (untuk lolos)," kata gelandang Barcelona ini.

Ia menambahkan, "Kami tetap harus mencerna apa yang terjadi empat tahun silam di Afrika Selatan. Kami ingin melaju dan mengklaim gelar ini karena Spanyol dan generasi kami belum mencapai."
(Uu.H-RF/A016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013