Batam (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Pulau Panjang, Kota Batam.

Di tahun 2023, terdapat 6 pulau di Kepri yang pembangunan PLTS yang direalisasikan di antaranya Pulau Panjang, Pulau Akar dan Pulau Geranting di Kota Batam, Pulau Jaga di Kabupaten Karimun, serta Pulau Sebong dan Pulau Nuja di Kabupaten Lingga.

"Sementara itu untuk Program BPBL, total di tahun 2023 sebanyak 3.248 rumah tangga. Sehingga dari tahun 2021 hingga 2023 ini sebanyak 11.898 rumah tangga yang telah menerima bantuan," kata Ansar dalam keterangan yang diterima di Batam, Rabu.

Ia berharap dengan adanya pembangunan PLTS yang menggunakan energi terbarukan, memberikan nilai tambah besar untuk masyarakat.

Baca juga: Gubernur Kepri menemui Menteri KKP bahas skema peningkatan DBH

Pada tahun ini ada 6 pulau dan dusun melalui program PLN yang diresmikan pembangunannya, dengan tambahan 24 pulau atau dusun di tahun 2024 yang saat ini dalam proses pelelangan.

"PLTS tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara selama operasinya, sehingga berkontribusi mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan beroperasinya PLTS ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat" ujar dia.

Ansar menjelaskan Program Kepri Terang yang sedang berjalan saat ini di antaranya bantuan pasang baru listrik untuk masyarakat kurang mampu dan yang berada di wilayah 3T, pengadaan dan pemasangan genset serta jaringan listrik di daerah 3T, pengadaan dan pemasangan jaringan tegangan menengah dan rendah, revitalisasi jaringan tegangan menengah (JTM) dan jaringan tegangan rendah (JTR) di kawasan cagar budaya, warisan dan kota tua, serta penerangan jalan umum.

Baca juga: Gubernur Kepri imbau ASN agar netral dalam Pemilu 2024

"Pada dasarnya Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung pembangunan energi berkelanjutan dengan memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) untuk daerah yg sulit dijangkau jaringan PLN. Salah satu program peningkatan rasio elektrifikasi" demikian Ansar.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023