Ini yang sering saya ceritakan bahwa kita ingin membangun Kalimantan hijau dan Nusantara forest city, jadi kita mulai dengan ini,
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak sejumlah pemimpin perusahaan meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis.

Bersama para pemimpin perusahaan tersebut, Presiden Jokowi berjalan menyusuri persemaian sambil menjelaskan sejumlah hal terkait persemaian dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ini yang sering saya ceritakan bahwa kita ingin membangun Kalimantan hijau dan Nusantara forest city, jadi kita mulai dengan ini,” kata Jokowi kepada para pemimpin perusahaan sambil meninjau bibit di lokasi tersebut, seperti disampaikan dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca juga: Jokowi "groundbreaking" PLTS IKN

Presiden kemudian menjelaskan bahwa berbagai jenis bibit tanaman yang ada di Persemaian Mentawir disiapkan untuk ditanam di kawasan IKN. “Kita siapkan dan akan ditanam nanti di Nusantara,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Kompas Gramedia Lilik Oetama yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya merasa takjub melihat persemaian yang akan menghasilkan bibit-bibit tanaman untuk menghijaukan IKN.

“Luar biasa, pertama kali saya ke sini bagus sekali ya, hebat sekali, luar biasa,” kata dia.

Lilik pun optimistis bahwa IKN akan menjadi ibu kota baru yang lebih hijau dengan dukungan suplai bibit tanaman dari Persemaian Mentawir.

“Kalau saya melihat ini semua, saya yakin bahwa ibu kota yang baru ini IKN akan lebih hijau ya, lebih green ya. Kami lihat dari tanaman yang disiapkan untuk ibu kota saya rasa akan bagus sekali nanti,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi sebut investasi ke IKN bergulir sangat cepat

Ketika meninjau persemaian tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023