Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan bakal menggelar babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Jumat (3/11).

Perhelatan olahraga yang dilaksanakan sebelum stadion itu digunakan untuk konser Coldplay tersebut melibatkan talenta dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan bakal capres Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir secara langsung di Stadion GBK saat final turnamen yang memperebutkan piala hasil karya seniman Dolorosa Sinaga itu.

Baca juga: Soekarno Cup Liga Kampung digelar untuk jaring pesepak bola muda

Sementara itu, bakal cawapres Mahfud MD urung hadir karena harus mengikuti kegiatan menyambut Hari Santri di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, bersama elite partai koalisi pendukung pasangan itu juga akan hadir secara langsung saat babak final turnamen tersebut.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kehadiran Ganjar, Arsjad, dan elite parpol tersebut ingin merayakan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Pak Ganjar, Pak Arsjad, dan tokoh dari partai pengusung, kami undang sebagai pihak-pihak yang ikut bersama merayakan (Piala Dunia) U-17," kata Hasto dalam konferensi pers Liga Kampung di Kompleks GBK, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Hasto: Penurunan baliho saat kunjungan Jokowi munculkan pemilu jurdil

Untuk diketahui, Indonesia ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tanggal 10 November-2 Desember 2023.

Hasto menjelaskan PDI Perjuangan mengacu aturan FIFA dalam melaksanakan turnamen Liga Kampung Soekarno Cup, sehingga tidak akan membawa unsur politik praktis dalam perhelatan olahraga tersebut.

"Jadi, kami taat juga dengan statuta FIFA. Kami tidak ada bendera partai, tidak ada kampanye. Jadi, kampanye tidak ada," tegasnya.

Hasto berterima kasih kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang memungkinkan pelaksanaan final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup bisa berlangsung di Stadion Utama GBK.

"Kami mengucapkan terima kasih ke Pak Erick Thohir, ketum PSSI, karena beliau, kami menyampaikan izin untuk adanya liga kampung ini. Beliau juga memberikan bantuan," jelasnya.

Baca juga: Hasto: Rakyat harap Mahfud tak mundur sebagai Menkopolhukam

Hasto menyebutkan pelaksanaan Liga Kampung Soekarno Cup diselenggarakan sebagai perwujudan cita-cita Presiden pertama sekaligus proklamator RI Soekarno yang ingin supaya olahraga menjadi sarana membentuk karakter bangsa.

"Itu Bung Karno menghadirkan sepak bola sebagai kultur. Bung Karno menjadikan olahraga sebagai spirit membangun character building. Olahraga sebagai lambang supremasi, termasuk sepak bola," ucapnya.

Babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup akan mempertemukan delapan tim yang sebelumnya telah bertanding di tingkat daerah.

Baca juga: TMP Lampung: Solidkan langkah menangkan PDIP dan Ganjar di 2024

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi mengatakan Liga Kampung Soekarno Cup sebenarnya sudah diselenggarakan oleh kepala daerah kader PDI Perjuangan di wilayah masing-masing.

Hendrar menyebutkan pada bulan September 2023 sudah dilaksanakan turnamen Liga Kampung di tingkat kota dan kabupaten. Kemudian, pada bulan Oktober 2023, dilanjutkan pelaksanaan di level regional.

"Kami, mulai September kemarin, sudah melakukan, menggulirkan kegiatan sepak bola di tingkat kota dan kabupaten, masing-masing mereka sudah melaksanakan kegiatan liga kampung ini. Kemudian, Oktober sudah memasuki putaran provinsi atau regional. Ada delapan wilayah dan hanya satu juaranya. Kemudian dari delapan ini, memasuki semifinal dan final akan ada delapan tim," jelasnya.

Dia berharap babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup bisa berjalan lancar dan menghasilkan bibit unggul untuk sepak bola nasional.

"Kami berharap kegiatan bisa lancar dan periodik, menunjukkan kami peduli dengan sepak bola di tingkat nasional dan kami coba bisa membuat atlet muda agar bisa berkompetisi," ujar Hendrar Prihadi.

Baca juga: Ganjar akui bingung soal penurunan baliho saat kunjungan Jokowi
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023