Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengutarakan dukungannya bagi Brave Indonesia untuk menggelar Liga Mixed Martial Arts (MMA) Indonesia.

Saat menerima audensi Brave Combat Federation (CF) Indonesia di Gedung Kemenpora RI, Kamis, Dito mengatakan inisiasi dari Brave Indonesia itu menurutnya sangat baik untuk memberikan wadah petarung-petarung Indonesia dalam meniti karir profesionalnya, untuk di kemudian hari dapat mengharumkan Merah Putih di kancah dunia.

“Lanjutkan, tidak perlu banyak basa-basi,” ucap singkat Dito ketika mendengar pemaparan dari Brave Indonesia, mengutip siaran resmi Kemenpora pada laman resminya, Kamis.

Presiden Brave Indonesia Dimas Raditya Soesatyo menerangkan bahwa Brave CF merupakan federasi yang mempromosikan olahraga MMA. Federasi dunia yang diinisiasi keluarga Kerajaan Bahrain itu memiliki visi menjadi wadah bagi perkembangan petarung-petarung di Tanah Air.

Baca juga: Timnas MMA Indonesia sabet perunggu di Kejuaraan Dunia U-18 Yunani

“Brave sudah masuk di Indonesia sejak 2018 dan saat ini Indonesia dipercaya menjadi headquarters Brave CF untuk Asia Tenggara, yang ke depan menuju untuk wilayah Asia,” kata Dimaz.

Pada pertemuan dengan Menpora berusia 33 tahun itu, Brave Indonesia memaparkan rencana inisiasi Liga MMA Indonesia. Liga ini direncanakan dapat menjadi ajang para petarung bela diri campuran meniti karir secara profesional, dengan menaungi semua organisasi MMA yang ada di Indonesia.

“Brave Combat Federation bukan sekadar acara, melainkan proyek nasional. Tujuan kami adalah untuk membangun ekosistem baru MMA Tanah Air, yang akan memberi lebih banyak kesempatan bagi petarung untuk menjadi juara internasional,” ujar Dimas.

Melalui liga ini, Brave Indonesia berharap nantinya akan terjaring bibit-bibit atlet MMA hingga ke daerah-daerah agar menerima pembinaan yang dibutuhkan. Sehingga nantinya dapat bersaing di tingkat internasional dan mengharumkan Merah Putih.

Terlebih, Indonesia juga telah dilirik oleh Brave CF Pusat karena dianggap memiliki potensi besar dalam hal MMA.

Selain itu, Dimas juga mengatakan pihaknya bersama pihak lain akan menggelar ajang duel MMA rutin Brave bertajuk BRAVE CF 76 pada 25 November 2023 di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, yang akan diramaikan peserta dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Baca juga: Petarung daerah siap ramaikan One Pride 73 di Semarang

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023