Ternate (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara fokus membangun berbagai infrastruktur kebutuhan air bersih di kawasan tambang untuk masyarakat sekitar.

Pj Bupati Kabupaten Halteng, Ikram M. Sangaji dihubungi, Kamis mengatakan air bersih merupakan kebutuhan dasar, sehingga penyediaan air bersih yang layak di konsumsi merupakan tugas pemerintah, baik pusat maupun daerah termasuk masyarakat di kawasan lingkar tambang.

"Saya merasa bangga, karena dapat memberikan kado terindah untuk Kabupaten Halteng yakni air bersih. Jika tadi Perwakilan PT. IWIP yang menyatakan waktu penyelesaiannya selama 1 tahun, maka saya nantinya akan berbicara dengan Mr. Kelvi agar jika boleh proyek ini selesai pada bulan puasa nanti di tahun 2024," katanya.

Hal tersebut disampaikan bupati saat peletakan batu pertama pembangunan Water Intake Air Bersih Kota Weda antara pemerintah kabupaten Halmahera Tengah dan PT IWIP dilaksanakan di Desa Fidy Jaya.

Di Halmahera Tengah, khususnya kota Weda, air bersih menjadi persoalan, yang sudah sangat lama, dan hingga saat ini belum teratasi, walaupun berbagai upaya telah dilakukan, namun belum memenuhi standar kelayakan hal ini akibat pengelolaan air bersih kota weda belum memiliki sistem pengelolaan air bersih (WTP) yang memadai, contoh air bersih yang mengalir/melayani desa Ake Ici, fidi jaya dan loiteglas serta were.

Oleh karena itu, air yang diambil langsung dari sumber kali fidi kemudian di pompa langsung ke pelanggan tanpa melalui suatu proses pengolahan agar air tersebut layak untuk dikonsumsi.

Pertambahan jumlah penduduk kota Weda dalam beberapa tahun terakhir meningkat pesat, tidak sebanding dengan infrastruktur pengelolaan air yang dimiliki oleh pdam, mengakibatkan tekanan air berkurang, air macet dan berbagai persoalan lainya.

Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur air bersih yang telah sukses dilakukan oleh pemerintah daerah telah bekerja sama dengan PT IWIP.

Keberhasilan tersebut khususnya bagi Kami dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan kabupaten Halmahera Tengah yang dipercayakan sebagai pic nya,” ungkap Abdullah Yusup saat manyampaikan laporan.

Bahkan, pembelian kelebihan daya listrik milik PT IWIP oleh PT PLN, yang difasilitas! Oleh pemerintah daerah, program ini sukses luar biasa yang hari ini telah dinikmati oleh masyarakat di kecamatan Weda Tengah hingga kecamatan Weda Timur.

Sehingga, dalam rangka pengentasan kemiskinan kami pemda, bekerja sama dengan PT IWIP, serta berkolaborasi dengan TNI, dalam rangka pembangunan rumah layak huni sebanyak 31 unit di Kecamatan Patani Utara, Kecamatan Patani Dan Kecamatan Weda Selatan, yang hari ini juga sudah dinikmati oleh warga di sana.

"Kami juga sudah menyelesaikan beberapa permasalahan tanaman warga yang belum di bayar ketika adanya pembangunan dan pelebaran jalan yang sering menimbulkan konflik berupa pemalangan jalan," ujarnya.

Tuntas selesai seperti ruas jalan sanafi kacepo ke umera pulau gebe, ruas jalan patani timur dan dote kec weda timur, semua ini atas petunjuk pak pj bupati kerja sama pembangunan infrastruktur air bersih kota weda, yang hari ini kita berkumpul disini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan pembangunan infrastruktur air bersih kota Weda.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023