Palembang (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Regional Palembang, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di dua kantor cabang di wilayah Sumatera Selatan yakni Palembang dan Lubuklinggau, serta masing-masing satu kantor cabang di Jambi dan Pangkalpinang, Bangka Belitung.

"Layanan pemeriksaan kesehatan gratis itu dilaksanakan serentak di 66 unit kerja BRI tiga provinsi tersebut dengan sasaran masyarakat sekitar unit kerja dan nasabah yang bertransaksi," kata RCEO BRI Palembang Wahyudi Darmawan di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, kegiatan bakti kesehatan tersebut sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di lingkungan sekitar menyambut HUT ke -128 BRI.

"Memasuki usia yang ke 128 tahun pada16 Desember 2023, BRI berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL)," katanya.

Menurut dia, pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis itu telah dilaksanakan selama dua hari pada 1 - 2 November dan selanjutnya tanggal 1 - 4 Desember 2023 di unit kerja yang sama.

Baca juga: Jaga Kelestarian Danau Toba, BRI Peduli “Grow & Green” Tanam 2.500 Bibit Pohon di Samosir
Baca juga: BRI Peduli Bertani di Kota (BRInita) di Banjarmasin, Pemberdayaan Positif dan Menghasilkan dari Menanam di Lahan Sempit


Layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini diberikan kepada 125 orang lansia dan nasabah per hari di masing-masing wilayah unit kerja.

Sedangkan secara keseluruhan jumlah masyarakat dan pensiunan yang akan dilayani selama empat hari sekitar 2.000 orang.

Pemeriksaan kesehatan yang disediakan mulai dari cek gula darah, kolesterol dan juga tensi darah.

"Besar harapan kami, pemeriksaan ini bisa membantu masyarakat dan pensiunan dapat memperoleh manfaat dari program pemeriksaan kesehatan gratis," ujar Wahyudi Darmawan.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dan disambut antusias para lansia yang salah satu peserta, mengaku bersyukur dan berterima kasih atas program yang dilakukan BRI.

"Kami sangat senang, karena pemeriksaan kesehatan adalah kegiatan rutin yang saya lakukan. Tapi dengan adanya program BRI, saya dan teman-teman lain bisa mengecek kesehatan tanpa biaya," ungkap Kholifah.

Baca juga: Kekeringan Terdampak El Nino, BRI Peduli Salurkan Air Bersih ke Beberapa Wilayah di Jawa Timur
Baca juga: Dorong Sektor Pariwisata, BRI bangun homestay di Lombok


Melalui momentum itu, BRI juga melakukan kegiatan edukasi keuangan kepada para peserta pemeriksaan gratis.

Edukasi dilakukan dengan mengenalkan produk dan jasa perbankan yang dapat memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengatur keuangan pribadi.

Melalui aplikasi BRImo dapat membantu nasabah melakukan transaksi, memonitor uang masuk keluar hingga melakukan investasi obligasi.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan baik jangka panjang maupun jangka pendek, masyarakat mengharapkan dapat diberikan akses pinjaman khusus bagi para pensiunan, kata Kholifah.

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, BRI Peduli Renovasi SD di Malang
Baca juga: BRI Peduli Salurkan Bantuan Tanggap Bencana Banjir dan Longsor Padang

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023