Kami dengan bangga melakukan wisuda terhadap 20 UMKM tergabung di WUBI angkatan 2023.
Jambi (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi memperkuat keahlian berwirausaha bagi 20 UMKM setempat yang tergabung dalam Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI).

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Hermanto, di Jambi, Kamis, mengatakan UMKM adalah salah satu sektor dengan daya tahan yang sangat luar biasa dalam pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu, BI Jambi turut berkomitmen dalam mendukung pengembangan UMKM di wilayah Jambi melalui dua strategi, yaitu mendorong peran intermediasi perbankan kepada UMKM dan peningkatan kapasitas UMKM.

Salah satu bentuk peningkatan kapasitas UMKM diwujudkan melalui program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) Provinsi Jambi yang telah didampingi hingga terbentuk ekosistem yang berkualitas, pengembangan kapasitas kewirausahaan, serta peningkatan akses pembiayaan dan asesmen.

"Kami dengan bangga melakukan wisuda terhadap 20 UMKM yang tergabung sebagai WUBI angkatan tahun 2023," kata dia.

Dalam prosesnya, 20 UMKM yang tergabung dalam WUBI ini sudah melalui inkubasi bisnis untuk mengakselerasi pengembangan usaha.

Berbagai program peningkatan kapasitas sudah diberikan kepada UMKM yang mencakup soft skill dan hard skill. Selain itu, WUBI juga didampingi oleh mentor yang ahli di bidang bisnis.

Hermanto berharap dengan adanya peningkatan kapasitas ini mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM di Jambi. Ke 20 UMKM yang termasuk dalam WUBI itu di antaranya usaha kuliner, kerajinan tangan, dan fesyen.

Sejak beberapa tahun belakangan BI membina UMKM di Jambi untuk meningkatkan skill dan keahlian mengelola usaha.
Baca juga: BI imbau warga Jambi konsumsi cabai olahan bantu stabilkan harga 
Baca juga: BI: Pemprov Jambi optimalkan industri makanan, fesyen dan wisata

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023