Kami memiliki anggaran untuk membiayai semua kebutuhan dan program ini
Mexico City (ANTARA) - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Rabu (1/11) mengumumkan sebuah rencana bantuan dan pemulihan bagi para korban Badai Otis, badai terkuat yang pernah menerjang Negara Bagian Guerrero di Pesisir Pasifik.

Rencana Umum untuk Rekonstruksi dan Bantuan bagi Masyarakat ini dipusatkan di Acapulco, sebuah daerah tujuan wisata utama, dan kota terdekat Coyuca de Benitez, yang keduanya luluh lantak akibat Badai Otis pada 25 Oktober lalu.

Pemerintah federal juga akan mengalokasikan anggaran hingga 61 miliar peso atau sekitar 3,4 miliar dolar AS untuk mengimplementasikan rencana tersebut.

"Kami memiliki anggaran untuk membiayai semua kebutuhan dan program ini, kami tidak menganggap alokasi sumber daya ini sebagai pengeluaran, melainkan investasi," kata Lopez Obrador dalam konferensi pers hariannya.

Rencana yang terdiri dari 20 langkah tersebut memprioritaskan upaya pencarian orang hilang yang sedang berlangsung, mempercepat aliran sumber daya untuk program kesejahteraan bagi lansia dan penyandang disabilitas, serta membantu para produsen dan nelayan setempat.

Rencana itu juga akan mencakup penangguhan biaya listrik dari November 2023 hingga Februari 2024, dan pengiriman bantuan bahan pangan pokok kepada sekitar 250.000 keluarga yang terdampak.

Selain itu, kredit akan diberikan untuk perbaikan rumah dan bantuan paket perabotan rumah tangga, termasuk tempat tidur, kompor, kipas angin, dan satu set peralatan makan akan dikirimkan kepada para korban, kata Lopez Obrador.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023