Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik Kamis (2/11) menjadi sorotan, di antaranya hasil survei Polling Institute mencatat bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka banyak dipilih masyarakat hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diperebutkan untuk menjadi anggota tim sukses (timses) bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Polling Institute: Prabowo-Gibran paling banyak dipilih warga di Jatim

Lembaga Survei Polling Institute menyebut duet pasangan bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Wakil Calon Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka banyak dipilih oleh masyarakat di Provinsi Jawa Timur.

"Prabowo-Gibran unggul di wilayah Jawa Timur karena ditopang oleh beberapa faktor," kata Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim melalui keterangannya di Surabaya, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

2. Ganjar ingin anak muda berkontribusi dan terlibat politik lewat TPM

Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo ingin semakin banyak anak muda Indonesia berkontribusi dan terlibat dalam politik lewat Tim Pemenangan Muda (TPM) yang dibentuk Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

"Mereka punya kemampuan dan pengalaman sangat bagus, saya ingin anak muda ini mau terlibat politik, turut serta dan berkontribusi karena mereka sangat kreatif dan inovatif," kata Ganjar usai diskusi bersama kader PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

3. Kawanjuang GP beberkan langkah menangkan Ganjar-Mahfud di Jabar

Koordinator kelompok relawan Kawanjuang GP, Benny Kurniadi, mengatakan kelompok relawan yang dipimpinnya punya "jurus jitu" untuk mendongkrak elektabilitas bakal pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Dia mengatakan bahwa Kawanjuang GP memiliki program penguatan di masyarakat dengan terus melakukan kegiatan Indonesia Sehat secara berkala dan tidak terputus.

"Setidaknya apa yang kami lakukan ini merupakan harapan banyak masyarakat di Jabar," kata Benny di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

4. CSIS: isu polusi udara harus jadi perhatian capres-cawapres

Isu tentang polusi​​​ udara harus menjadi perhatian setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024, kata Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial di Center for Strategic and International Studies (CSIS), Edbert Gani Suryahudaya.

Dalam Seminar Publik Pandangan Capres-Cawapres dalam Isu Lingkungan dan Perubahan Iklim di Pemilu 2024 yang digelar CSIS secara langsung dan daring di Jakarta, Kamis, ia menilai komitmen sektor politik terhadap isu polusi udara masih belum memadai, meskipun kesadaran masyarakat mengenai isu ini semakin meningkat.

"Politisi maupun pemangku kebijakan kita masih sedikit sekali yang punya kesadaran terhadap isu polusi udara. Tinggal bagaimana mereka yang punya akses, mereka yang punya kekuasaan, mereka yang punya relative
bargaining power. Kepada para politisi yang mau meng-capture isu ini layak untuk diperbincangkan," kata Gani.

Selengkapnya klik di sini.

5. Pengamat: Khofifah diperebutkan jadi timses untuk dulang suara Jatim

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam mengatakan Khofifah Indar Parawansa diperebutkan untuk menjadi anggota tim sukses (timses) bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 karena dua faktor krusial untuk mendulang suara pemilih di Jawa Timur.

Surokim menilai jabatan Khofifah sebagai gubernur Jawa Timur dan ketua umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memberikan dampak signifikan untuk kemenangan bakal pasangan calon, khususnya di Jawa Timur.

"Tidak terbantahkan karena beliau kepala daerah, ketua Muslimat, punya relasi kuat," kata Surokim di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023