Saya selaku Bupati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. Yang terpenting adalah bagaimana Kabupaten Boyolali ini dalam pembangunan juga  meningkatkan sisi kepariwisataan,
Boyolali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menggelar festival kuliner dan ekonomi kreatif  di Jalan Ahmad Yani atau depan kompleks gedung DPRD setempat, Jumat, dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia dan Hari Ekonomi Kreatif Nasional.

Pembukaan festival tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat didampingi jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Menurut Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat membuka kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia dan Hari Ekonomi Kreatif Nasional, Pemerintah Kabupaten Boyolali juga menyelenggarakan dengan beberapa kegiatan lain.

Baca juga: Menparekraf dukung Festival Jajanan Bango 2023 untuk wisata kuliner

Ia mengapresiasi kegiatan yang dimotori Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali tersebut. Dalam event tersebut berlangsung kontes masak dengan tema Boyolali Kaya Rasa.

"Saya selaku Bupati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. Yang terpenting adalah bagaimana Kabupaten Boyolali ini dalam pembangunan juga  meningkatkan sisi kepariwisataan," kata M Said.

Menurut dia, kegiatan wisata kuliner juga merupakan salah satu langkah penting untuk membangun kepariwisataan di Kabupaten Boyolali.

Dia mengatakan kegiatan ini menjadi bagian penting sebagai penopang pembangunan sisi kepariwisataan, karena wisata bukan hanya bagaimana keindahan,  tapi juga tentang rasa yang terpadu dalam upaya kepariwisataan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih menjelaskan Festival Kuliner dan Ekonomi Kreatif Boyolali ini akan digelar selama tiga hari mulai dari Kamis (2/11) hingga Sabtu (04/11).

Baca juga: Pengunjung berburu kuliner Indonesia di Tokyo hingga antrean mengular

Terdapat banyak stan yang menampilkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) mulai dari kerajinan tangan sampai makanan olahan. Kegiatan dimeriahkan dengan Boyolali cooking contest Boyolali kaya rasa atau lomba memasak untuk resto, hotel, kafe yang ada di Kabupaten Boyolali. Selain itu, juga ada demo memasak bersama bintang tamu.

"Kami masih meneruskan visi misi Bupati Boyolali bahwa Boyolali Kaya Rasa. Tujuannya mengangkat pariwisata Kabupaten Boyolali. Masakannya bebas, bahan baku khas Boyolali," katanya.

Pada acara tersebut, kata dia, juga digelar Cooking Contest Boyolali Kaya Rasa dengan menghadirkan salah satu finalis pada kontes memasak yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional, Chef Ayu Kandi.

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023