Kita berharap mudah-mudahan proses pengiriman bantuan ini berjalan dengan baik melalui koordinasi dengan lembaga yang telah dipercaya untuk itu
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meninjau bantuan PMI sebanyak 26 ton yang akan dikirim ke Palestina di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat.
 
Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari berbagai pihak di Indonesia, yang terdiri dari alat-alat kebersihan dan kesehatan, serta akan diterbangkan melalui bandara Halim Perdanakusuma pada esok hari, Sabtu (4/11).

Baca juga: Misi PBB untuk Palestina kaget Barat lamban situasi memburuk di Gaza
 
"Kami mengirimkan alat kebersihan untuk keperluan anak dan perempuan. Kemudian, alat-alat kesehatan seperti masker N95 dan respirator, sarung tangan lateks, apron untuk tenaga medis, baby kit, dan hygiene kit," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat.
 
JK menjelaskan, bantuan ini masih di tahap awal, dimana setelah ini juga sudah disiapkan bantuan dana untuk tahap yang kedua. Bantuan tersebut akan diterbangkan ke Kairo, Mesir, dan bekerja sama dengan bulan sabit merah Mesir juga Komite Palang Merah Internasional (ICRC).
 
"Kita berharap mudah-mudahan proses pengiriman bantuan ini berjalan dengan baik melalui koordinasi dengan lembaga yang telah dipercaya untuk itu," ucap JK.

Baca juga: Pemerintah terus berusaha evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza
 
JK ini juga berpesan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara tegas mengeluarkan rekomendasi agar kejahatan genosida yang dilakukan Israel kepada Palestina bisa dihentikan demi kemanusiaan.
 
"Korban kita ketahui itu lebih banyak masyarakat sipil, oleh karena itu kalau bisa segera dihentikan," ujar dia.
 
PMI juga masih membuka donasi untuk membantu perjuangan rakyat Palestina. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin memberikan bantuannya, PMI membuka rekening bantuan kemanusiaan melalui nomor rekening 2063006688 (BCA) atas nama Kantor Pusat PMI dan nomor rekening 039001000030303 atas nama Palang Merah Indonesia.

Baca juga: Sumbar kumpulkan bantuan untuk Palestina

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023