Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau telah menetapkan 602 orang daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk Pemilu Serentak 2024.

Anggota KPU Kepulauan Riau, Ferry Muliadi Manalu, mengatakan, jumlah DCT tersebut berasal dari 18 partai politik peserta Pemilu dan tujuh daerah pemilihan atau dapil.
"Mereka akan memperebutkan 45 kursi anggota DPRD Kepri pada Pemilu 2024," kata dia, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat.

Ia memerinci dari total 602 orang yang masuk DCT, ada sebanyak 364 caleg laki-laki dan 238 caleg perempuan. Secara persentase, khusus caleg perempuan mencapai 39,5 persen atau sudah melewati kuota keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

Ia juga memastikan bahwa nama-nama calon anggota DPRD Kepulauan Riau yang masuk ke dalam DCT sudah final dan tidak bisa diganti atau dicoret. Daftar DCT Pemilu 2024 akan diumumkan kepada publik pada Sabtu, 4 November 2023, melalui media cetak dan elektronik.

Baca juga: KPUD Riau sediakan TPS khusus bagi pasien COVID-19

"Dengan demikian, nama-nama itulah yang akan berproses jelang pemilihan tanggal 14 Februari 2024," ujar dia.

Ia menyampaikan penetapan 602 orang DCT anggota DPRD Kepri sudah mendapat persetujuan dari 18 partai politik dengan membubuhkan tanda tangan di atas spesimen surat suara sesuai petunjuk KPU. Setelah itu, spesimen surat suara tersebut akan dibawa ke KPU di Jakarta untuk mendapatkan persetujuan dari Biro Teknis KPU RI.

"Kemudian, baru masuk ke tahap pencetakan surat suara Pemilu 2024," ucap dia.

Ia turut menambahkan selama tahapan pencermatan DCT dari tanggal 24 September 2023 hingga 4 Oktober 2023, pihaknya mencoret satu orang bakal caleg DPRD Kepri dari Partai Hanura, karena yang bersangkutan meninggal dunia.

KPU Kepulauan Riau, sambungnya, sudah memberi peluang pergantian terhadap bakal caleg meninggal dunia tersebut, namun dari Partai Hanura memang tak ada mengaju bakal caleg pengganti. "Makanya, pada masa pencermatan sampai penetapan DCT, ada pengurangan satu orang bakal caleg, yaitu dari 603 orang menjadi 602 orang," katanya.

Pewarta: Ogen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023