Islamabad (ANTARA) - Menteri Perdagangan Pakistan Gohar Ejaz pada Kamis (2/11) mengatakan bahwa Pakistan mencatatkan perdagangan luar negeri yang lebih baik pada tahun fiskal yang sedang berjalan, yakni dari Juli 2023 hingga Juni 2024.

Pakistan membukukan peningkatan nilai ekspor sebesar 13,6 persen pada Oktober 2023.

Ekspor negara tersebut meningkat menjadi 2,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada Oktober tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencaai 2,38 miliar dolar AS, ujar Ejaz seperti dikutip dalam sebuah pernyataan.

"Negara ini menunjukkan kemajuan substansial, mengungguli tahun fiskal sebelumnya dan menunjukkan pertumbuhan yang kuat," ungkap Ejaz.

Dia menambahkan bahwa "peningkatan yang luar biasa ini menunjukkan kehebatan negara ini yang terus berkembang di pasar global."

Ejaz mengatakan bahwa nilai impor untuk Oktober tahun ini menunjukkan kenaikan sebesar 4,9 persen, dan mencapai 4,806 miliar dolar AS.

Meskipun ada peningkatan impor, defisit neraca perdagangan membukukan penurunan yang signifikan, turun menjadi 2,099 miliar dolar AS, dan menunjukkan tren positif dalam neraca perdagangan Pakistan, tutur Ejaz.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023