Tentu saja pendapat kita tidak bertemu, tetapi kita semua memiliki niat untuk menghentikan kekerasan di Suriah.
Enniskillen, Inggris (ANTARA News) - Rusia dan Amerika Serikat (AS) ingin menghentikan kekerasan di Suriah dan telah sepakat untuk mendorong semua pihak dalam konflik untuk mengadakan perundingan perdamaian di Jenewa, kata Presiden Vladimir Putin Senin.

"Tentu saja pendapat kita tidak bertemu, tetapi kita semua memiliki niat untuk menghentikan kekerasan di Suriah," kata Putin setelah perbincangan bilateral dengan Presiden AS Barack Obama di KTT G8.

"Dan untuk memecahkan situasi damai termasuk dengan membawa para pihak untuk duduk dimeja perundingan di Jenewa. Kami sepakat untuk mendorong para pihak ke meja perundingan," tambah Putin.

Kekuatan dunia telah selama berbulan-bulan membahas konferensi perdamaian internasional di Jenewa untuk menyelenggarakan satu konferensi yang sama di kota Swiss tahun lalu yang bertujuan untuk mengakhiri kekerasan di Suriah.

Obama mengakui bahwa mereka memiliki "perspektif yang berbeda" tetapi berbagi kepentingan dalam mengurangi pertumpahan darah di Suriah. Demikian diberitakan AFP.

"Sehubungan dengan Suriah kita memiliki perspektif yang berbeda pada masalah tersebut," kata Obama, saat ia dan Putin duduk di kursi dan pernyataan disampaikan setelah pembicaraan mereka.

"Tetapi kami berbagi minat dalam mengurangi kekerasan, mengamankan senjata kimia dan memastikan bahwa mereka tidak menggunakan mereka juga tidak tunduk proliferasi, dan bahwa kita ingin mencoba untuk menyelesaikan masalah melalui politik jika mungkin," kata Obama lagi.

"Jadi kita akan menginstruksikan tim kami untuk terus bekerja pada potensi tindak lanjut Jenewa."

Obama dan Putin akan mengadakan pembicaraan bilateral di Moskow pada 3-4 September, menjelang KTT G20 di St Petersburg pada 5-6 September, kata mereka dalam satu pernyataan.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013