Rencananya minggu kedua November ini akan kami lakukan di dua kampus
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjadwalkan dialog interaktif ke kampus-kampus mulai minggu kedua November 2023.

"Nanti ada bentuk sosialisasi lain,  seperti dialog interaktif dengan mahasiswa. Itu kita kasih nama 'KPU Goes to Campus'. Rencananya minggu kedua November ini akan kami lakukan di dua kampus," kata Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari di Jakarta, Jumat, dalam  konferensi pers terkait penetapan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD dan DPD DKI Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa selain dialog interaktif, pihaknya juga melakukan berbagai jenis sosialisasi guna mengedukasi para pemilih pemula.

"Jadi kami ada bentuknya tatap muka, bisa kami hadir langsung ke sekolah atau  para murid bisa datang ke kantor KPU DKI Jakarta," kata dia menjelaskan.

Selain itu, katanya, ada juga kegiatan lain berupa nonton bareng (nobar) film 'Kejarlah Janji' karya Garin Nugroho.

Dia mengungkapkan bahwa baru-baru ini mereka mengadakan kegiatan nobar di Pesantren Daarul Rahman Jakarta serta BINUS University.

Astri menjelaskan pihaknya secara berkelanjutan terus mengedukasi dan menyosialisasikan tentang Pemilu ke kelompok pemilih pemula, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota.

Dia menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam melakukan sosialisasi itu, seperti Pemerintah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan, serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut bahwa dari keseluruhan daftar pemilih tetap (DPT), terdapat sekitar 46 juta  orang dari kelompok Gen Z, atau 22,85 persen. Gen Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997 sampai 2012.

Hal itu menjadikan Gen Z sebagai kelompok DPT terbesar setelah milenial yang berjumlah sekitar 68 juta orang, atau 33,60 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT).

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (2/7) menyebutkan bahwa secara total, ada sekitar 204 juta orang yang tercatat dalam DPT Pemilu 2024.
Baca juga: KPU DKI lakukan mitigasi konflik di medsos jelang Pemilu 2024
Baca juga: Distribusi awal logistik pemilu di DKI ditargetkan tepat waktu
Baca juga: Jakarta Timur jadi yang pertama terima logistik Pemilu 2024 di DKI

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023